Sukses

Reformasi Pajak AS Dongkrak Bursa Asia

Indeks Nikkei Jepang naik 0,62 persen setelah sebelumnya mengalami tekanan dalam lima hari.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Asia bergerak menguat pada pembukaan perdagangan Rabu ini. Penguatan saham-saham di kawasan Asia ini menyusul kenaikan yang dibukukan oleh Wall Street.

Mengutip CNBC, Rabu (23/8/2017), indeks Nikkei Jepang naik 0,62 persen setelah sebelumnya mengalami tekanan dalam lima hari. Di Korea Selatan, indeks Kospi juga naik 0,26 persen yang didorong oleh saham-saham sektor teknologi.

Sedangkan S&P/ASX 200 Australia naik 0,23 persen. Kenaikan indeks saham di Australia ini karena penguatan saham-saham di sektor energi dan konsumsi. Sementara di pasar Hong Kong kemungkinan tak buka karena badai.

Penguatan bursa Asia ini mengikuti kenaikan yang dibukukan oleh bursa Amerika Serikat (AS) Wall Street. Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 196,21 poin atau 0,9 persen menjadi 21.899,96 dan S&P 500 melonjak 24,11 poin atau 0,99 persen menjadi 2.452,48.

Tim Presiden AS Donald Trump dengan beberapa annggota parlemen telah melakukan beberapa diskusi mengenai rencana reformasi perpajakan. Hasilnya, kemungkinan ada relaksasi dalam tarif pajak baik untuk individu maupun korporasi.

Selama ini, rencana reformasi perpajakan memang terus tertunda, bahkan tidak ada kabar sama sekali. Presiden AS Donald Trump justru lebih berkutat dengan isu-isu politik. Selain itu, perseteruan antara AS dengan Korea Utara justru membuat pelaku pasar sedikit ragu akan rencana reformasi ekonomi yang sudah dijanjikan Trump pada masa kampanye.

Pelaku pasar pada hari ini akan mencermati kisi-kisi dalam pertemuan Dewan Gubernur Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed). Investor akan melihat arah kebijakan dari the Fed.

"Kemungkinan pasar akan bergejolak jelang pidato Gubernur Bank Sentral AS Janet Yellen," jelas ekonom ANZ Giulia Lavinia Specchia. Yellen memang diagendakan pidato akhir pekan ini dalam pertemuan Dewan Gubernur Bank Sentral AS.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.