Sukses

Menko Darmin: Kurangi Macet Jakarta, Naik Sepeda ke Kantor

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyebut kemacetan di Jakarta sudah kelewat parah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyebut kemacetan di Jakarta sudah kelewat parah. Untuk mengatasinya, tak perlu menggunakan ilmu terlalu tinggi. Caranya mulai menerapkan budaya bersepeda ke kantor.

"Macet di Jakarta sudah terlalu parah. Orang naik sepeda ke kantor akan mengurangi macetnya Jakarta. Jadi tidak usah pakai ilmu tinggi-tinggi," kata Darmin di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Minggu (20/8/2017).

Menurutnya, bike to work harus terus dikampanyekan dan perlu ditindaklanjuti, terutama oleh Kemenko Bidang Perekonomian. "Saya rasa perlu di kantor Kemenko Perekonomian ada tempat parkir sepeda, kamar mandi untuk mereka yang bersepeda ke kantor," Darmin menuturkan.

Imbauan tersebut disampaikan Darmin saat membuka kegiatan sepeda santai hari ini di kawasan Jalan MH. Thamrin dan Jalan Sudirman dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 RI dan HUT yang ke-51 Kemenko Bidang Perekonomian.

Hari ini, Darmin melepas sekitar 1.300 peserta sepeda santai, setelah resmi membuka acara dengan memberi kata sambutan. Pelepasan peserta sepeda santai berlangsung pada pukul 7.15 WIB.

"Ini adalah kegiatan atau upaya bagus dalam mengurangi kemacetan dengan kampanye bike to work. Selamat bersepeda, semoga semakin keranjingan bersepeda," kata Darmin.

Namun, Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu hanya membuka dan melepas para peserta jalan santai yang terdiri dari jajaran Eselon I maupun pegawai Kemenko Bidang Perekonomian, serta peserta umum. Saat ditanyakan mengenai absennya dari kegiatan bersepeda, Darmin bilang lebih menggemari olahraga renang.

"Saya tidak ikut (bersepeda). Olahraga yang paling senang renang di rumah. Renang yang paling simpel," tutur Darmin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.