Sukses

Menteri Susi Ingatkan Pentingnya Konsumsi Ikan kepada Mahasiswa

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga mengingatkan pentingnya menjaga kedaulatan laut Indonesia kepada kalangan akademisi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali mengingatkan kepada kalangan akademisi pentingnya menjaga kedaulatan laut Indonesia. Susi menyampaikan hal itu saat memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa di Bale Sawala, Universitas Padjajaran, Jumat (18/8/2017).

Dalam kuliah umum bertajuk "Perikanan Untuk Kemandirian Bangsa dan Peningkatan Daya Saing Ekonomi" itu, Susi menyinggung tentang kedaulatan laut Indonesia. Terutama soal pencurian ikan oleh kapal asing yang melalui wilayah Indonesia tanpa izin.

"Kedaulatan laut itu sangat penting di mana kita harus memastikan wilayah laut kita berdaulat penuh," kata Susi.

Susi menuturkan, tanpa ada kedaulatan para mafia akan leluasa mengacaukan situasi kelautan di Indonesia. Salah satu langkah yang dia lakukan di Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan menegakkan kedaulatan laut Indonesia. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.

"Untuk sisi peraturan sudah lengkap hanya saja belum berani yang mengeksekusi. Lalu, ketika saya menjadi menteri lewat undang-undang itu bisa menenggelamkan kapal asing yang tanpa izin melakukan pencurian ikan," ujar dia.

Dengan penegakan terhadap kapal asing ilegal yang menangkap ikan di perairan Indonesia tersebut, stok ikan yang bisa ditangkap oleh nelayan lokal meningkat dari sebelumnya 6,5 juta ton, kini mencapai 12,5 juta ton.

Selain itu, Susi pun berpesan kepada mahasiswa agar turut serta menjaga kedaulatan laut. "Saya ingin audiens di sini, Anda ini semua orang-orang terpilih. Sebaiknya berikan kontribusi pada negara lebih dari orang biasa," ucap dia.

Selain itu, Susi Pudjiastuti juga menyampaikan soal pembangunan dan perubahan yang telah dilakukan pemerintah ke kampus-kampus. Ini dilakukan agar kampus bisa merespons dengan menyesuaikan di bidang pendidikan dan lain sebagainya.

"Kedua yaitu memasyarakatkan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal ini keadilan dan keberpihakan yang sudah dilakukan," kata dia.

Disinggung tentang kuliah umum di hadapan mahasiswa, Susi juga mengingatkan akan pentingnya mengonsumsi ikan.

"Kita sosialisasikan ke masyarakat. Saya bilang tidak makan ikan maka saya tenggelamkan," kata dia. (Huyogo Simbolon)

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.