Sukses

Menko Darmin: 72 Tahun Merdeka, Ekonomi RI dalam Kondisi Baik

Pemerintah akan ambil kebijakan seperti meningkatkan konsumsi pemerintah dan investasi untuk dorong pertumbuhan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia baru saja memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72. Dalam perjalanan panjang tersebut, ekonomi Indonesia berada dalam kondisi dan situasi yang baik. Pemerintah berupaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan kebijakan yang tepat.

"Ekonomi kita baik-baik saja," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Darmin mengungkapkan, pertumbuhan industri saat ini sudah lebih baik, termasuk di sektor pertanian dan industri jasa, telekomunikasi, dan perbankan yang mencetak pertumbuhan lebih tinggi. Harapannya pertumbuhan lebih cepat sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Industri pertambangan volumenya tidak terlalu meningkat karena suplai terbatas. Juga pertumbuhan konsumsi sedikit di bawah tahun lalu, tapi investasi agak banyak di atas tahun lalu. APBN tidak terlalu bagus di kuartal I, tapi ke depan normal lagi dan membuat pertumbuhan ekonomi keseluruhan lebih baik," harapnya.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, Darmin bilang, pemerintah akan mengambil kebijakan, seperti meningkatkan konsumsi pemerintah dan investasi sebagai penggerak ekonomi nasional di semester II-2017.

"Kita akan mengambil langkah agar ekonomi tumbuh lebih baik, karena kita percaya konsumsi pemerintah yang tadinya tumbuh negatif, kembali normal lalu tumbuh positif. Itu saja sebenarnya yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi, apalagi kalau investasi lebih baik lagi," ujar Darmin.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.