Sukses

5 Cara Pintar Manfaatkan Promo Kartu Kredit buat Beli Elektronik

Membeli barang elektronik dengan cara mencicil sekarang bukan masalah tabu.

Liputan6.com, Jakarta - Katakanlah lemari es Anda tiba-tiba rusak dan tidak mungkin diperbaiki lagi.  Tanpa kulkas, urusan dapur berantakan. Tapi beli sekarang, keuangan belum memungkinkan.  Apa yang akan Anda perbuat?

Jawabannya mudah, mencari platform cicilan. Membeli barang elektronik dengan cara mencicil sekarang bukan masalah tabu.  Dibandingkan membeli secara tunai, harga barang cicilan memang bisa lebih tinggi karena ada bunga yang mesti dibayarkan. Namun hal ini bisa disiasati kalau Anda pandai memanfaatkan berbagai fasilitas  cicilan khusus dari kartu kredit.

Ini tidak sulit karena hampir semua bank sekarang membuat program promo kartu kredit khusus untuk pembelian barang elektronik atau gadget.

Fasilitas cicilan akan meringankan beban pengeluaran bulanan karena angsuran yang dikeluarkan terbagi dalam beberapa periode pembayaran. Tidak hanya meringankan, promo kartu kredit untuk barang elektronik juga memberi kesempatan Anda dalam mengatur anggaran untuk keperluan lainnya.

Sebelum memutuskan memanfaatkan program ini, perhatikan lima langkah berikut seperti dikutip dari DanaXtra:

1. Pastikan limit kartu kredit Anda mencukupi

Apa pun program promo kartu kredit yang Anda ikuti,  periksa terlebih dahulu  jumlah limit kartu kredit.  Pastikanlah limit kartu kredit mencukupi kebutuhan, jangan sampai terjadi over limit.  Beberapa bank biasanya akan langsung menolak penggunaan kartu apabila terjadi over limit.

Selain itu  Anda mesti  tahu mekanisme pemotongan limit yang dilakukan oleh bank penerbit kartu kredit.  Anda bisa menghubungi bank untuk menanyakan hal ini. Biasanya bank menerapkan 2 mekanisme pemotongan limit.

Pertama, bank akan memotong limit kartu sesuai dengan harga produk yang dibeli. Misalnya limit kartu Anda sebesar Rp 7 juta, kemudian barang yang dibeli sebesar Rp 5 juta. Maka bank akan memblok Rp 5 juta tersebut, sehingga sisa limit kartu kredit Anda sebesar Rp 2 juta.

Kedua, bank akan menambahkan limit sejalan dengan pembayaran cicilan yang dilakukan. Besaran limit tergantung dengan jumlah cicilan yang dibayarkan. Misalnya Anda menggunakan Rp 5 juta dengan cicilan sebesar Rp 500 ribu, maka sisa limit Anda akan bertambah sebesar cicilan yang dibayarkan.

2. Pastikan Barang yang Anda Butuhkan Masuk dalam Program Promo

Yang penting, pastikan barang yang diperlukan memang masuk dalam program promo cicilan kartu kredit yang Anda miliki. Setelah ada kepastian tersebut, cari lokasi mana yang menyediakan promo tersebut. Bisa Anda cek ke toko langganan, namun yang lebih mudah adalah bertanya kepada penerbit kartu kredit Anda.

Dari situ Anda bisa membandingkan toko mana yang sedang menjalin kerjasama promo barang elektronik dengan penerbit kartu kredit Anda. Mana yang tawarannya lebih menguntungkan. Mungkin toko yang satu syaratnya lebih ringan, atau tanpa minimum transaksi. Atau mungkin justru dari harga barangnya. Intinya cari yang jatuhnya paling murah.

Simak video menarik di bawah ini:

Selanjutnya

3. Pilih promo yang  sesuai dengan kondisi keuangan

Banyak kartu kredit yang menawarkan promo cicilan 0 persen jika membeli barang-barang elektronik  tertentu. Namun ada juga penerbit kartu kredit yang mengenakan bunga dengan nominal 1 persen sampai 3 persen. Selan itu model promo yang lain adalah cashback dan diskon.

Dari berbagai model promo pembelian alat elektronik mungkin tawaran cicilan 0 persen menarik perhatian Anda. Pada dasarnya, cicilan 0 persen adalah metode pembayaran yang biasanya eksklusif untuk pemegang kartu kredit tertentu.

Program ini memungkinkan untuk membayar suatu produk yang pada harga tunainya mungkin terlalu berat untuk pemasukan Anda. Harga produk kemudian dipecah menjadi nominal tertentu, tergantung dengan lamanya cicilan tersebut.

Contohnya jika Anda ingin membeli kulkas dua pintu seharga Rp 4 juta setelah yang lama rusak. Anda memutuskan membeli dengan mencicil karena masih banyak kebutuhan mendesak. Walau pun  prosesnya mudah, Anda tentu tidak mau mencicil melalui lembaga financing liar yang bunganya bisa lebih dari 30  persen dari total harga kulkas.

Bayangkan saja, untuk barang seharga Rp 4 juta, total yang harus Anda bayarkan Rp 5,2 juta. Dicicil 6 kali berarti Anda harus membayar  Rp 866.667 setiap bulan. Bandingkan kalau Anda memanfaatkan program cicilan 0 persen kartu kredit. Untuk tenor selama 6 bulan, Anda hanya perlu mencicil Rp 666.667.  Lumayan kan selisih yang bisa dihemat melalui program ini.

Beberapa produk kartu kredit memberikan benefit berupa cashback. Cashback adalah potongan harga jual untuk konsumen yang diberlakukan di belakang, biasanya dalam bentuk rupiah.  Pemberlakuan potongan di belakang biasanya dilakukan setelah pembeli melakukan pembayaran tunai ataupun down payment (untuk pembelian kredit) dan kadang disertai syarat tertentu.

Misalnya, saat Anda bertransaksi senilai Rp 4 juta dengan menggunakan kartu kredit yang menawarkan cashback senilai 5 persen. Maka, rumus yang dipakai adalah Rp 4 juta x 5 persen = Rp 200 ribu. Jumlah yang didapat itulah yang akan dikembalikan pada rekening kartu kredit Anda di bulan selanjutnya. Sementara cicilannya? Ya tetap berjalan dengan bunga yang ditetapkan.

Selanjutnya


 
4. Periksa persyaratan dan ketentuan

Tapi tunggu dulu. Sebelum memutuskan membeli barang, sebaiknya Anda periksa dulu beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi. Umumnya bank memberlakukan beberapa persyaratan untuk program promosi ini:
1. Barang yang dibeli masuk dalam  program promosi
2. Terdapat minimal pembelian yang harus dipenuhi oleh pembeli untuk mendapatkan program promo cicilan tersebut.
3. Jangka waktu yang ditawarkan biasanya dipilih antara 3, 6 atau 12 bulan
4. Untuk beberapa bank, ada biaya administrasi yang dikenakan dalam program tersebut. Umumnya biaya itu sekitar 3-4 persen dari total transaksi yang harus dibayarkan. Setiap toko biasanya punya peraturan beda-beda tentang siapa yang harus menanggung biaya ini. Ada kalanya toko bersedia menanggung biaya tersebut.

5. Bayar Tagihan Tepat waktu

Setelah Anda setuju atau telah memenuhi syarat yang diajukan untuk mengikuti program cicilan yang diminta, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan transaksi dengan kartu kredit Anda seperti biasa. Pastikan bahwa Anda telah mengajukan permintaan program promo cicilan sebagai metode pembayaran.

Setelah adanya kesepakatan antara Anda dengan pihak toko, maka Anda sudah sah menggunakan program cicilan tersebut.  Yang perlu Anda ingat adalah untuk membayar tagihan berikutnya tepat pada waktunya. Jika Anda ambil program promo cicilan 0 persen, tidak akan ada bunga yang ditagihkan pada Anda sepanjang Anda tepat waktu cicilan. (Baca ini: pintar manfaatkan promo kartu kredit bebas bunga)

Pastikan jumlah uang yang dibayar sesuai dengan tagihan yang Anda kehendaki di awal transaksi. Seperti contoh di atas, jika Anda membayar sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan, maka Anda hanya harus membayar sebesar Rp 666.667. Apabila Anda telah melewati waktu atau jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan bunga sesuai dengan kebijakan kartu kredit.

Well,  tidak perlu kalut lagi dengan nasib isi kulkas Anda. Siapkan kartu kredit di dompet, dan silakan beranjak ke toko  elektronik terdekat.  Bijaklah memilih yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.