Tips Sukses Ala Orang Jepang Ini Bisa Anda Tiru

Oleh Nurmayanti pada 13 Agu 2017, 20:24 WIB
Ilustrasi sukses 3

Liputan6.com, Jakarta Jepang merupakan salah satu negara di Asia Timur yang terkenal dengan sistem perekonomian yang paling baik untuk saat ini. Meskipun pada abad ke-19, Jepang masih menjadi negara berkembang, setelah 100 tahun, Jepang sukses menjadi negara yang punya pengaruh dalam perekonomian dunia.

Bahkan, dengan kondisi sumber daya alam yang terbatas, Jepang tetap bisa berhasil. Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang berasal dari Jepang.

Kesuksesan yang diraih tersebut tak terlepas dari ajaran dan prinsip yang dipegang masyarakat Jepang. Orang-orang Jepang memang terkenal akan kerja kerasnya serta kedisiplinan yang cukup tinggi.

Hal inilah yang membantu menghasilkan output yang sangat memuaskan. Nah, berikut ini beberapa tips sukses ala orang Jepang yang bisa Anda contoh dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengutip cermati.com, Minggu (13/8/2017):

1. Bekerja Lebih Keras Dibandingkan Lainnya

Tak dapat diragukan lagi bila orang Jepang memang terkenal dengan semangat kerja kerasnya. Bahkan, berdasarkan penelitian pun, rata-rata orang Jepang dapat bekerja sekitar 2.450 jam per tahun.

Hal ini sangat jelas berbeda dibandingkan negara-negara lainnya yang memiliki rata-rata jam kerja lebih rendah dibandingkan angka tersebut. Prinsip dari orang Jepang sendiri adalah selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik, dari segi kualitas maupun kuantitas. Prinsip ini yang mungkin bisa Anda terapkan dalam kehidupan anda sehari-harinya.

2. Mandiri

Orang-orang Jepang memang sudah terbiasa dididik mandiri sedari masih kecil. Murid-murid tingkat SD pun sudah diwajibkan untuk memerhatikan keperluannya sendiri tanpa dibantu orang tua.

Di Jepang anak-anak lulusan SMA bahkan sudah memiliki kebiasaan untuk tidak mengandalkan uang orang tuanya. Mereka harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan uang sendiri.

3. Malu Saat Melakukan Kesalahan dalam Pekerjaan

Orang-orang Jepang memang memiliki tradisi malu yang dari zaman perang hingga modern seperti saat ini masih diterapkan. Jika dulu banyak tentara yang bunuh diri lantaran tak bisa memenangkan peperangan, kini orang-orang Jepang akan merasa malu dan menghukum dirinya sendiri ketika tidak memiliki prestasi yang dapat dibanggakan.

Tak heran jika banyak penjabat-penjabat pemerintahan di Jepang yang langsung mengundurkan diri jika terbukti melakukan korupsi. Sifat inilah yang bisa Anda adopsi agar membuat Anda selalu berusaha dan bekerja keras.

 

1 of 2

Pantang Menyerah

4. Pantang Menyerah

Pantang menyerah merupakan sifat yang sudah mendarah daging bagi masyarakat Jepang. Hal ini pun sudah terlihat pada saat zaman peperangan terdahulu.

Negara Jepang menjadi negara yang cukup kuat dan dapat menguasai banyak wilayah di dunia meskipun luas negaranya sendiri sangat kecil. Hal ini terus dilakukan masyarakat Jepang kini.

Terbukti, saat tragedi tsunami yang menimpa Jepang, negara ini dapat kembali bangkit dalam waktu yang tak begitu  lama.

5. Gaya Hidup Hemat

Meskipun negaranya termasuk negara yang memiliki perekonomian yang kuat di dunia, tak berarti bila orang-orang Jepang gemar menghabiskan uang dengan berfoya-foya.

Orang-orang Jepang selalu menerapkan gaya hidup hemat dalam keseharian. Hal ini dikarenakan biaya hidup di Jepang yang memang begitu tinggi sehingga membuat orang-orang Jepang sudah terbiasa untuk berhemat.

Meskipun negaranya dikenal sebagai penghasil kendaraan serta teknologi terbaik, masyarakat Jepang lebih senang menggunakan transportasi umum serta menggunakan gadget yang masih bisa digunakan. 

Mereka lebih senang menyisihkan uangnya untuk ditabung daripada digunakan untuk hal-hal yang tidak penting. Selain itu, jarang sekali orang-orang Jepang yang memiliki sikap konsumerisme yang berlebihan.

Hal ini pun didukung dengan kebijakan swalayan atau supermarket yang selalu memberikan potongan harga sebelum jam tutup tempat tersebut.

6. Inovasi

Negara Jepang memang terkenal akan inovasinya yang kreatif dalam bidang industri apa pun. Mereka memang bukanlah penemu. Namun, orang-orang Jepang memiliki kelebihan meracik temuan-temuan orang dan memasarkannya ke dalam bentuk yang diminati pasar.

Terapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Prinsip dan filosofi yang kuat inilah yang mendorong negara Jepang menjadi lebih maju dibandingkan negara-negara di kawasan Asia lainnya. Anda bisa menerapkan prinsip-prinsip baik ini ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Sukses tak akan pernah diraih tanpa kerja keras dan pengorbanan.

Tonton video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓