Rusia Tawarkan Pesawat MC-21 ke Maskapai Indonesia

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 12 Agu 2017, 17:00 WIB
20160412-pesawat terbang

Liputan6.com, Jakarta - Rusia tawarkan pesawat komersial buatannya, yakni MC-21 kepada Indonesia. Pesawat ini adalah buatan Irkut Corporation, manufaktur pembuat pesawat asal Rusia.

Dengan ada pesawat ini akan membuat dunia penerbangan Indonesia memiliki banyak pilihan, sehingga produk yang ditawarkan lebih kompetitif.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, hal ini merupakan suatu kesempatan bagi dunia aviasi Indonesia, terutama bagi pihak yang bergerak dalam dunia penerbangan untuk mendapatkan suatu produk-produk yang kompetitif.

"Makin banyak barang-barang ditawarkan makin banyak kesempatan kita untuk memilih. Jadi, nanti makin banyak supply, kita dapat lebih memilih apa yang kita butuhkan dengan harga yang lebih kompetitif," ujar dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/8/2017).

Budi menambahkan, pesawat MC-21 yang ditawarkan ini adalah jenis pesawat yang sering digunakan di Indonesia karena dapat menampung 165-211 penumpang, suatu jumlah penumpang yang diperlukan untuk penerbangan di Indonesia.

Selanjutnya untuk segi bisnis, Budi memberikan kebebasan kepada korporasi penerbangan untuk langsung berhubungan dengan produsen alat transportasi.

"Untuk cocok atau tidak cocoknya kita serahkan kepada korporasi untuk melakukan penjajakan dengan mereka, dan nanti kalau didapatkan suatu efisiensi yang bagus pasti pesawat ini akan diminati juga di Indonesia. Kalau mau beli saya serahkan kepada korporasi penerbangan kita seperti Garuda, Lion, Sriwijaya dan sebagainya silahkan melihat," jelas dia.

Pesawat MC-21 yang ditawarkan ini adalah khusus penumpang. Karena ini baru penawaran awal, Budi mengatakan harus dilakukan pengamatan lebih jauh tentang keandalan pesawat ini, baru nanti akan ditentukan penggunaannya untuk komersial atau logistik.

"Tentunya akan ada pendalaman-pendalaman tentang keunggulan-keunggulan pesawat ini dan itu dilakukan oleh masing-masing korporasi penerbangan," tambah dia.

Budi menuturkan, saat ini pesawat Rusia masih terbatas digunakan untuk pesawat carter dan general aviation. "Pesawat Rusia sekarang ini digunakan untuk pesawat-pesawat pribadi dan pesawat untuk carter. Jumlahnya saya tidak terlalu tahu persis, tapi cukup banyak," tutur Budi Karya. (Yas)

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: