Sukses

Baru Dapat Gaji Pertama? Ini 3 Pilihan untuk Simpan Uang

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan uang sebagai tabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Gaji yang didapat membuat semua orang berusaha untuk menabung atau menyimpan uang mereka. Tujuannya untuk mempersiapkan kehidupan agar lebih sejahtera.

Namun, Anda pun diperhadapkan dengan sejumlah pilihan untuk tempat menabung. Ini agar dana yang disimpan juga diharapkan dapat bertambah misalkan dari bunga tabungan yang diberikan.

Akan tetapi, ini juga tergantung minat Anda untuk menyimpan uang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan uang sebagai tabungan menurut TheBalance.com, yang ditulis Jumat (1/9/2017):

1. Rekening Tabungan

Kemungkinan besar, Anda telah membuat rekening tabungan di beberapa bank, dan Anda mungkin menghubungkannya langsung dengan rekening utama Anda sehingga dapat mentransfer uang ke rekening tabungan dengan mudah.

Rekening tabungan adalah tempat yang paling nyaman untuk menyimpan uang. Bila menggunakan rekening tabungan, penting untuk melihat suku bunga. Namun, itu juga tergantung pada bank apa yang Anda gunakan dan jenis akun yang Anda miliki.

Hal terbaik tentang rekening tabungan adalah mereka benar-benar likuid. Ini berarti Anda bisa mengakses uang Anda dalam waktu sangat singkat. Anda mungkin bisa online dan mentransfer uang dari tabungan ke pengecekan, menarik diri dari ATM, atau berhenti ke cabang lokal Anda.

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya: Deposito

2. Reksa Dana Pasar uang

Selain rekening tabungan, reksa dana pasar uang bisa menjadi salah satu cara lain untuk menabung. Sebenarnya, ada dua macam macam akun pasar uang: rekening bank pasar uang dan reksa dana pasar uang.

Rekening pasar uang yang ditawarkan oleh bank Anda untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Namun karena uang yang dipegang di akun pasar uang diinvestasikan sedikit berbeda, biasanya ada lebih banyak batasan pada akun tersebut. Syaratnya yakni keseimbangan yang lebih tinggi dan jumlah penarikan yang terbatas per bulan dan kuartal.

Reksa dana pasar uang tidak dikeluarkan oleh bank, tapi ditawarkan oleh perusahaan investasi. Anda harus memiliki rekening perantara yang ada atau membuat akun baru dengan perusahaan dana tersebut secara langsung untuk mengambil bagian dalam reksa dana pasar uang. Dana ini diinvestasikan dalam berbagai investasi jangka pendek secara kolektif guna menghasilkan tingkat bunga yang menarik.

Meskipun rekening pasar uang pada umumnya memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi dari pada rekening tabungan, pembatasan jumlah penarikan per bulan atau persyaratan untuk membuka rekening terpisah membuat dana ini sedikit kurang likuid.

3. Deposito

Deposito berjangka berarti uang yang Anda tempatkan di deposito harus tetap ada untuk jangka waktu tertentu sebelum Anda dapat menariknya kembali. Dalam kebanyakan kasus, semakin lama Anda setuju untuk meninggalkan uang Anda di deposito, semakin banyak bunga yang akan dibayarkan bank kepada Anda. Karena Anda diminta untuk meninggalkan uang dengan jangka waktu yang dipilih, ini dapat membuat uang Anda kurang dapat diakses daripada rekening tabungan atau pasar uang.

Ini bisa menjadi hal yang baik karena ini mendorong Anda untuk meninggalkan uang itu sendiri, tapi dalam keadaan darurat di mana uang itu dibutuhkan dengan sangat cepat, ini bisa menjadi penghalang. Ketika sampai pada tabungan, tidak ada jawaban yang benar atau salah. Itu akhirnya tergantung kebutuhan Anda. (Fransiska Wahyuning)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.