Sukses

4 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Lebih Sukses

Anda ingin sukses? Coba lakukan kebiasaan ini untuk membuat Anda dapat menjalin hubungan dengan banyak orang sebagai kunci sukses Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalin hubungan dengan banyak orang adalah sesuatu hal yang wajib jika Anda ingin menjadi orang yang sukses. Hal ini karena relasi yang Anda miliki bisa jadi akan membantumu mengapai sukses.

Hubungan yang baik tidak dapat dibeli. Untuk membangun relasi terbaik, Anda harus mengembangkan hubungan yang berarti. Kelima kebiasaan ini akan membantu Anda menumbuhkan hubungan yang kuat seperti yang dipaparkan oleh Inc-asean.com:

1. Jadilah dermawan

Hubungan terbaik dibangun dengan keinginan bersama untuk memberi nilai pada orang lain. Ketika kedua belah pihak lebih fokus memberi daripada menerima, dia mendorong ikatan asli yang berjalan lebih dalam daripada nilai pertukaran.

Ikatan itu didasarkan pada saling percaya bahwa masing-masing menginginkan yang terbaik bagi yang lain. Kemurahan hati mengambil banyak bentuk. Ini bisa semudah mengajak bicara duluan, meminjamkan telinga untuk mendengarkan curahan hati atau memberi hadiah atau bantuan saat rekan Anda membutuhkan.

2. Mendengarkan dengan baik

Semua orang ingin didengarkan dan dimengerti, itulah sebabnya mengapa mendengarkan adalah fondasi untuk menjalin sebuah hubungan.

Cara agar menjadi pendengar yang baik adalah mengembangkan kesadaran diri dan memperhatikan jika Anda benar-benar terlibat dalam percakapan. Salah satu cara termudah dan tercepat untuk menjadi pendengar yang lebih baik adalah berhenti menyela.

Simak video menarik di bawah ini:

Selanjutnya

3. Perlakukan orang lain bagaimana Anda ingin diperlakukan

Anda bisa menjadi orang yang cerdas, berbakat dan ambisius seperti yang Anda inginkan, tapi itu menjadi tidak penting jika Anda memiliki reputasi buruk. Membangun reputasi positif membutuhkan waktu.

Cara terbaik untuk membangun reputasi adalah dengan konsisten memperlakukan orang lain dengan cara yang sama seperti Anda ingin diperlakukan.

4. Fokus pada kualitas

Tidak masalah seberapa keras Anda mencoba, Anda tidak bisa menambahkan jam lebih banyak ke hari Anda. Inilah sebabnya mengapa orang-orang sukses berfokus untuk membina beberapa hubungan kunci, daripada menyebarkan waktu mereka ke sebanyak mungkin orang.

Dengan cepat menambahkan lebih banyak koneksi mungkin membuat Anda merasa lebih produktif, namun jaringan terbaik dibuat melalui kedalaman, tidak luas.

Hubungan yang berarti dibangun dengan niat, ketulusan, kejujuran dan kemurahan hati. Jika Anda membuat kebiasaan tersebut sebagai cara hidup, Anda akan membangun hubungan yang berarti yang mendorong kesuksesan profesional Anda dan menambah kebahagiaan bagi hidup Anda. (Fransiska Wahyuning)
 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.