Sukses

Menko Darmin Dorong Pemda Ikut Bangun Infrastruktur

Pemerintah daerah juga perlu ikut berperan mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran dengan bangun infrastruktur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta pemerintah daerah (Pemda), ikut berperan mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran

‎Darmin Nasution mengatakan, pemerintah pusat sedang menggenjot pembangunan infrastruktur, antara lain jalan, kawasan industri dan penyediaan energi listrik melalui program 35 ribu Mega Watt (MW). Hal ini dapat menciptakan lapangan kerja baru, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.

‎"Pemerintah sekarang memang sangat mengandalkan mendorong pertumbuhan, sampai tingkat tertentu dengan membangun infrastruktur," kata Darmin,dalam acara sarasehan nasional pengendalian inflasi, di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, yang ditulis Kamis (27/7/2017).

Darmin menuturkan, pemerintah daerah harus mendukung program tersebut, serta juga ikut berpartisipasi dengan membangun infrastruktur. Cara ini diyakininya dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

"Ada infrastruktur apa yang perlu dilakukan daerah pertama mencermati pembangunan proyek strategis nasional dan apa yang harus dibangun," ucap Darmin.

Darmin‎ melanjutkan, selain ikut membangun infrastruktur, pemerintah daerah juga harus bisa menjamin ketersediaan pangan agar harganya tetap stabil. Seperti diketahui, pangan memiliki peran penting terhadap kemiskinan.

"Pangan di daerah sangat besar perannya. 73 persen dari perubahan tingkat kemiskinan kita dipengaruhi harga pangan, 21,8 persen tingkat kemiskinan kita dipengaruhi harga beras," papar Darmin.

Darmin‎ mengungkapkan, pemerintah daerah harus memikirkan logistik pasca panen hal ini akan mendorong produktifitas pangan dan membenahi pola tanam dengan peremajaan bibit. Selain itu, mengembangkan pertanian secara kelompok.

Pemerintah telah memiliki program untuk menjalankan pengembangan pertanian secara kelompok melalui reforma agraria.‎ Masyarakat Tani akan dipinjamkan lahan untuk ditanami tanaman pangan sehingga pasokan terjaga.

‎"Kembali lagi kesimpulannya, apa yang dilakukan pemerintah tolong dibantu. Dengan pembangunan infrastruktur, apa yang ada bisa dibantu dengan infrastruktur lain," tutur Darmin.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.