Sukses

6 Milarder Dunia Ungkap Rahasia Suksesnya, Penasaran?

Ingin menjadi entrepreneur sukses? mulailah kuasai keterampilan yang disarankan para miliarder dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak duduk di bangku sekolah, kita sudah diajari bermacam-macam ilmu untuk bekal kehidupan. Namun, tidak semuanya benar-benar kita aplikasikan untuk meraih kesuksesan.

Kalau di masa depan Anda ingin menjadi entrepreneur sukses, mulailah kuasai keterampilan yang disarankan para miliarder dunia berikut, seperti dikutip dari CekAja.com:

Jack Ma: Mengolah dan menganalisis data

Jack Ma

Saat diwawancarai di tengah acara konferensi Gateway ke-17, miliarder asal Tingkok ini mengatakan kalau mereka yang pandai mengolah dan menganalisis data akan lebih mudah beradaptasi dengan kemajuan zaman.

“Dunia ini akan bertransformasi menjadi data,” jelas Ma. “Data akan menjadi hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Kita harus percaya kalau anak kita nanti akan lebih pintar mengelola data untuk kemajuan umat manusia.”

Richard Branson: Komunikasi

Richard Branson menganjurkan agar calon entrepreneur menguasai komunikasi. Karena jika hal ini dikuasai, kita akan mudah menggaet konsumen, mendapatkan bantuan modal, maupun dipercaya partner.

“Komunikasi memfasilitasi koneksi antarmanusia, dan membuat kita belajar, tumbuh, serta berkembang. Ini bukan hanya tentang berbicara atau membaca, tapi memahami. Saya percaya kalau komunikasi merupakan keterampilan terpenting yang harus dimiliki entrepreneur.”

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Elon Musk


Elon Musk: Belajar secara bertahap

Sewaktu kecil, Elon Musk merupakan korban perundungan. Namun, ini tidak menjadikannya pesimis dalam memandang kehidupan.

“Setiap orang sebenarnya mampu banyak dari yang mereka duga. Namun, kebanyakan orang menyerah sebelum mencoba. Salah satu saran saya, sangat penting melihat ilmu sebagai pohon. Saat baru mulai belajar, pahami dulu prinsip fundamentalnya seperti akar pada pohon, barulah kita bisa beralih ke daun atau ranting.”

3 dari 5 halaman

Bill Gates


Bill Gates: Menguasai ilmu dasar

Sebagai pakar teknologi dan komputer, Bill Gates tidak berbasa-basi mengungkap keterampilan apa yang sebaiknya dikuasai agar sesukses dirinya.

“Aku benar-benar berpikir kalau pelajaran dasar seperti ilmu pengetahuan alam, matematika, dan ekonomi sangat berguna. Alasannya karena banyak pekerjaan di masa depan yang membutuhkan pemahaman ini.”

 

4 dari 5 halaman

Jeff Bezos


Jeff Bezos: Memanfaatkan keterbatasan

Meski terkenal jenius, Bezos tidak menganggap keterampilan berupa penguasaan ilmu-ilmu tertentu sebagai kunci sukses. Sebaliknya, dia justru menganggap keterampilan berpikir out of the box-lah kunci kesuksesannya.

“Keterbatasan justru mendorong inovasi. Di tengah keterbatasan, kita justru terdorong untuk memikirkan cara lain untuk maju.”

5 dari 5 halaman

Mark Zuckerberg



Mark Zuckerberg: Kemampuan bekerja sama

Seorang entrepreneur harus mampu bekerja sama dengan orang lain jika ingin membuat bisnisnya besar. Kemampuan memilih teman dan membuat tim yang hebat inilah yang dianggap Zuckerberg harus dimiliki oleh setiap entrepreneur. Saat membuat Facebook, Zuckerberg memang tidak membuatnya sendirian.

"Ketika Anda melihat hal paling spektakuler yang pernah dikerjakan di dunia ini, hal tersebut tidak dikerjakan sendirian. Ini artinya, Anda harus membuat sebuah tim yang bisa melengkapi kekurangan Anda. Tidak peduli seberapa berbakat diri Anda, pasti ada situasi di mana Anda tidak bisa mengerjakannya sendirian.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.