Sukses

Terminal 4 Bandara Soetta Bakal Lebih Megah dari Terminal 3

Pertumbuhan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta terus meningkat setiap tahunnya.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) tengah melakukan pemetaan anggaran untuk pembangunan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Direktur Operasi dan Teknik Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo mengungkapkan, pertumbuhan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta terus meningkat setiap tahunnya. Sebab itu perlu peningkatan kapasitas.

"Kita saat ini sedang fokus ke anggaran, baru setelah ini akan masuk ke detail desain Terminal 4. Rencananya 2020 baru mulai bangun," kata Djoko seperti ditulis Minggu (23/7/2017).

Djoko mengaku, kini tengah berkoordinasi dengan pemegang saham AP II, yakni Kementerian BUMN, terkait bisa tidaknya pembangunan Terminal 4 dipercepat.

Terminal 4 ini rencananya berlokasi di Lapangan Golf Sawarna. Lokasi ini memang sudah menjadi milik AP II, sehingga pembangunannya tidak perlu pembebasan lahan.

"Saya ingin kapasitas Terminal 4 ini minimal sama seperti Terminal 3. Bahkan kalau bisa, kapasitas 40 juta penumpang, hampir dua kali lipat Terminal 3," tegas Djoko.

Dia berharap, keberadaan Terminal 4 tak kalah megah dengan Terminal 3 ini sehingga jumlah penumpang yang bisa dilayani di Bandara Soetta menembus angka 100 juta orang setiap tahunnya.

Dari perkiraan, pembangunan Terminal 4 ini akan memakan investasi lebih dari Rp 10 triliun.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.