Sukses

Harga 3 Komoditas Pangan Ini Masih Tinggi Usai Lebaran

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia juga melihat kalau ada penurunan harga komoditas pangan usai Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyatakan, pasca-Lebaran, sejumlah komoditas pangan terpantau masih bertahan pada harga tinggi. Komoditas tersebut antara lain ayam potong, bawang merah, dan bawang putih.

Ketua Umum Ikappi Abdullah Mansuri mengatakan, memang sejumlah komoditas menurun setelah Lebaran. Namun, ada juga komoditas pangan yang masih tinggi bahkan cenderung naik setelah hari raya keagamaan ini.

"Ada beberapa komoditas yang turun, tapi ada juga beberapa yang naik," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Dia mencontohkan, harga ayam potong saat ini masih bertahan pada kisaran Rp 33.500-Rp 34.000 per ekor. Kemudian harga bawang merah juga masih tinggi, bahkan mulai merangkak naik dari sebelumnya Rp 40 ribu menjadi Rp 40.500 per kg. "Bawang putih juga saat ini masih Rp 59 ribu per kg," kata dia.

Meski demikian, ada juga komoditas pangan yang turun setelah Lebaran. Sebagai contoh, telur ayam saat ini dibanderol dengan harga Rp 21.500 per kg.

"Telur mulai turun Rp 21.500. Daging sudah turun jadi Rp 123 ribu. Kemarin, tiga hari jelang Lebaran naik Rp 127 ribu, bahkan ‎1 hari setelah Lebaran sempat sampai Rp 129 ribu, hampir Rp 130 ribu," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.