Sukses

Menteri Susi: Ada yang Tuduh Saya Jual Rahasia Negara

Keterbukaan data yang ditunjukkan Menteri Susi bahkan mendapat pujian dari Aktor sekaligus aktivis lingkungan, Leonardo DiCaprio

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku dituding menjual rahasia negara karena telah memberikan data kapal (Vessel Marine System/VMS) agar bisa diakses Global Fishing Watch (GFW). Transparansi data ini bekerja sama dengan Google.

"Kita mempelopori buka atau transparansi data kapal yang menangkap ikan di Indonesia. Kita join dengan Google. Ini membuktikan kita sangat transparansi," ujar dia di acara Kongres Diaspora Indonesia, Sabtu (1/7/2017).

Padahal, keterbukaan data yang ditunjukkan Menteri Susi bahkan mendapat pujian dari Aktor sekaligus aktivis lingkungan, Leonardo DiCaprio dalam acara World Oceans Day 2017 di kantor PBB, New York, beberapa waktu lalu.

DiCaprio memuji karena Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memberikan data kapal VMS agar bisa diakses publik oleh Global Fishing Watch. "Walaupun yang bisa diakses publik data yang tidak realtime ya. Hanya saya yang bisa lihat data yang realtime," ujar Susi.

Akan tetapi, upaya Pendiri Susi Air tersebut menimbulkan kontra dari masyarakat. "Sebagian orang Indonesia bilang saya katanya menjual rahasia negara. Zaman dan teknologi sudah begini kok, semua orang bisa melihat," ucapnya.

Menurut Susi, transparansi sangat penting untuk menuju pengelolaan sumber daya alam, terutama laut secara berkelanjutan. Seluruh rakyat Indonesia nantinya dapat menikmati hasil laut yang melimpah, tidak lagi dieksploitasi secara besar-besaran.

"Kita menuju dunia transparan dengan pengelolaan sumber daya alam, supaya generasi mendatang bisa menikmati hasilnya. Pak Jokowi kan bilang laut adalah masa depan bangsa, makanya kita lakukan cara untuk menjaga laut Indonesia. Ini adalah kemenangan kedaulatan untuk perikanan dalam negeri," tegasnya.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kerap jadi perbincangan karena gayanya yang cuek. (Via: liputan6.com)
    Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

    Susi Pudjiastuti