Sukses

Harta Orang Kaya Taiwan Melonjak pada 2017

Total kekayaan orang kaya Taiwan naik 21 persen menjadi US$ 124 miliar pada 2017 didorong salah satunya kenaikan harga saham.

Liputan6.com, Singapura - Hubungan kuat Taiwan dengan pasar global ditambah bursa saham menguat turut menambah kekayaan 50 orang terkaya di Taiwan.

Total kekayaan orang kaya di Taiwan naik 21 persen menjadi US$ 124 miliar. Hal itu berdasarkan daftar jajaran orang kaya versi Forbes pada 2017.

Kenaikan jumlah harta orang kaya di Taiwan ini juga dibantu peran Taiwan memasok barang elektronik di seluruh dunia. Ditambah produk makanan dan keuangan ke China lebih besar. Selain itu, kinerja bursa saham Taiwan juga cukup baik. Tercatat indeks saham Taiwan naik 20 persen hingga Juni, dan tertinggi dalam 27 tahun.

Keluarga Tsai yang dipimpin dua saudara laki-laki Daniel dan Richard dari Fubon Financial Holdings mempertahankan posisi pertama sebagai orang terkaya di Taiwan selama tiga tahun berturut-turut. Kekayaan keluarga Tsai bertambah didorong harga saham naik 21 persen sepanjang tahun lalu.

Selain itu, kenaikan dari nilai Taiwan Mobile juga mendorong kekayaan mereka dari US$ 2 miliar menjadi US$ 10 miliar pada 2017. Demikian mengutip laman Forbes, Sabtu (1/7/2017).

Kemudian di posisi kedua ditempati oleh Terry Gou. Posisinya naik satu peringkat dengan kekayaan menjadi US$ 9,5 miliar dari US$ 3,5 miliar. Pabrikan terkemuka Gou Hon Precision yang juga dikenal sebagai Foxconn, produsen elektronik terbesar di dunia telah menjadi salah satu pemasok iPhone dan iPad terbesar di Apple. Perusahaan Gou juga baru-baru ini berinvestasi di Sharp, Jepang.

Di posisi ketiga ditempati Tsai Brother dari Cathay Financial Holdings dengan kenaikan kekayaan bersih sekitar US$ 2,7 miliar. Total kekayaannya mencapai US$ 7,2 miliar.

Orang terkaya Taiwan catatkan kenaikan kekayaan terbesar dipegang Tony Chen. Pendiri Largan Precision ini mencetak kenaikan kekayaan 73 persen. Posisinya berada di peringkat 15 untuk orang terkaya di Taiwan dengan nilai kekayaan US$ 2,2 miliar. Perusahaan pembuat lensa kamera untuk produsen ponsel pintar Apple, Xiaomi dan Huawei ini mencatatkan penjualan sekitar 6,6 miliar komponen optik pada 2016. Kemudian co founder Scott Lin dengan kekayaan mencapai US$ 2,7 miliar berada di posisi 13. Total kekayaannya naik 69 persen.

Sekitar 39 orang terkaya di Taiwan mencatatkan kenaikan kekayaan. Sedangkan yang masuk miliarder baru ada sekitar 47 miliarder naik dari tahun lalu sekitar 39 miliarder. Pendatang baru itu termasuk Morris Chang kini berusia 85 tahun.

Ia mendirikan perusahaan manufaktur semi conductor di Taiwan. Perusahaan ini sekarang menjadi salah satu perusahaan semi konduktor terbesar di dunia yang memasok chip ke perusahaan Quallcomm, Nvidia dan Apple. Sedangkan empat orang terkaya di Taiwan mencatatkan penurunan kekayaan termasuk miliarder Tsai Eng-Meng.

Berikut 10 orang kaya di Taiwan:

1. Daniel dan Richard Tsai
Total kekayaan: US$ 10 miliar

2. Terry Gou
Total kekayaan: US$ 9,5 miliar

3. Tsai brothers
Total kekayaan: US$ 7,2 miliar

4. Tsai Eng-Meng
Total kekayaan: US$ 6 miliar

5. Lin Yu-Liung
Total kekayaan: US$ 5,6 miliar

6. Wang Family
Total kekayaan: US$ 5,4 miliar

7. Wei Brothers
Total kekayaan: US$ 5,3 miliar

8. Barry Lam
Total kekayaan: US$ 4,2 miliar

9. Jason and Richard Chang
Total kekayaan: US$ 4 miliar

10. Luo Jye
Total kekayaan: US$ 3,8 miliar

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.