Sukses

Menkeu Sri Mulyani Sebut Lebaran dan Mudik Tahun Ini Lebih Baik

Menurut Sri Mulyani, pemerintah selama ini telah berupaya mengurangi ketimpangan pembangunan dan ekonomi antara ibu kota dengan daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan Lebaran dan mudik tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini lantaran harga pangan yang relatif terkendali dan kemacetan saat arus mudik yang bisa ditekan semaksimal mungkin.

"Saya betul merasa bersyukur Lebaran tahun ini. Dari sisi arus mudik, kemacetan, harga barang, relatif sangat terjaga dengan baik. Jadi ini lebaran yang betul-betul para menteri bekerja keras bersama TNI polri dan pemda (pemerintah daerah). Kerja yang luar biasa bagus," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Senin (26/6/2017).

Sementara untuk arus balik, dia berharap tingkat kemacetan di jalan raya bisa lebih rendah dibandingkan saat mudik. Dirinya meyakini hal tersebut bisa terjadi jika masyarakat yang kembali atau datang ke Jakarta saat arus berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Saya harap arus balik dari sisi kelancaran bisa dinikmati masyarakat. Kalau kembali ke kota terutama ke Jakarta, ini kan suatu magnet kalau dilihat dari perputaran ekonomi," kata Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, pemerintah selama ini telah berupaya mengurangi ketimpangan pembangunan dan ekonomi antara ibu kota dengan daerah-daerah lain. Dengan demikian, diharapkan masyarakat tidak lagi menjadikan Jakarta sebagai tempat mencari pekerjaan.

"Kita sudah melihat selama ini yang disebut ketimpangan adalah suatu bentuk yang perlu diperbaiki ya. Jadi bagaimana kita mengurangi agar konsentrasi kegiatan ekonomi tidak terpusat hanya di Jakarta atau Jawa. Investasi yang kita lakukan sekarang memang bertujuan untuk itu. Terlihat dari arus dan orang merasa connect cepat. Artinya, orang ke daerah itu bukan suatu effort yang luar biasa," jelas dia.

Selain itu, dana transfer ke daerah yang selama ini digelontorkan oleh pemerintah juga diharapkan bisa menimbulkan lapangan pekerjaan yang yang lebih banyak di daerah. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu datang ke kota besar untuk mencari pekerjaan.

"Sebetulnya dari desentralisasi sudah menunjukkan banyak pimpinan daerah punya ekonomi daerah yg mesti dikelola. Transfer ke daerah juga sudah sangat besar. Sekarang ini anggaran transfer ke daerah sudah lebih besar dengan anggaran KL," tandas Sri Mulyani.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.