Sukses

Ini Tips Maskapai Agar Pemudik Tak Ketinggalan Pesawat

Pemudik diharapkan berhati-hati dan datang lebih awal ke bandar udara

Liputan6.com, Jakarta AirAsia Indonesia dan AirAsia X Indonesia mengimbau kepada seluruh penumpang yang hendak melakukan perjalanan selama musim Hari Raya Idul Fitri 2017 agar dapat tiba di bandara setidaknya 3 jam sebelum waktu keberangkatan.

Dengan rentang waktu itu, harapannya agar dapat menyelesaikan seluruh proses yang harus dilalui di bandara guna membantu mengurai kepadatan akibat lonjakan penumpang dalam periode puncak.

"Untuk kenyamanan lebih saat berada di bandara, penumpang juga diimbau agar dapat memanfaatkan layanan self check-in melalui airasia.com, aplikasi mobile maupun kios check-in, serta mencetak boarding pass terlebih dahulu sebelum tiba di bandara," kata Head of Corporate Secretary and Communications‎ AirAsia Baskoro Adiwiyono, Sabtu (24/6/2017).

Dijelaskannya, layanan self check-in tersedia sejak 14 hari hingga 1 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan AirAsia, dan hingga 4 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan AirAsia X. Sementara itu, konter pendaftaran bagasi tutup 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk seluruh penerbangan AirAsia dan AirAsia X.

Tidak hanya itu, Baskoro juga menghimbau, guna menghindari penumpukan dalam antrian pemeriksaan keamanan, pemeriksaan bagasi serta konter imigrasi di bandara, bagi penumpang yang bermaksud untuk mendaftarkan barang bawaannya ke dalam bagasi pesawat, disarankan untuk menyelesaikan prosesnya lebih awal dan segera menuju ke pintu keberangkatan (boarding gate).

"Untuk memastikan kenyamanan selama perjalanan serta ketersediaan tempat penyimpanan di dalam kabin bagi seluruh penumpang, AirAsia ingin mengingatkan mengenai persyaratan untuk tas yang dibawa ke dalam bagasi kabin," temabahnya.

Penumpang hanya diizinkan membawa 1 buah tas kabin berukuran 56 x 36 x 23cm (sudah termasuk dengan gagang dan roda tas), yang dapat disertai dengan 1 buah tas kabin berukuran kecil seperti tas laptop atau tas tangan dengan ukuran 40 x 30 x 10cm, dengan total berat keduanya tidak lebih dari 7 kg. Sementara gabungan beberapa barang yang diikat atau dibungkus menjadi 1 tidak terhitung sebagai 1 buah tas kabin. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.