Sukses

Buat Mudik, Orang RI Harus Punya Uang Minimal Rp 4,3 Juta

Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) memprediksi akan ada pergerakan 33 juta pemudik pada mudik Lebaran 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menjadi tradisi yang tak bisa dilepas saat Lebaran. Jelang hari raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia selalu berbondong-bondong menuju kampung halaman untuk bertemu dengan sanak keluarga.

Tentu saja, keperluan dana tak hanya untuk transportasi saja. Dalam mudik, ada juga tradisi membawa oleh-oleh atau memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para ponakan.

Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) memprediksi akan ada pergerakan 33 juta pemudik pada mudik Lebaran 2017. Dari pergerakan tersebut, diperkirakan total uang yang dikeluarkan oleh para pemudik mencapai Rp 142,2 triliun.

Direktur IDEAS Yusuf Wibisono‎ mengatakan pengeluaran rata-rata setiap pemudik mencapai Rp 4,3 juta. Hal tersebut antara lain untuk biaya transportasi, makanan-minuman, dan rekreasi.

‎"Pengeluaran rata-rata setiap pemudik sebesar Rp 4,3 juta ini diproyeksikan digunakan pemudik untuk membiayai akomodasi, transportasi, makanan-minuman dan jasa hiburan-rekreasi selama 11 hari perjalanan pulang-pergi mudik," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Dengan memperhitungkan adanya kebijakan tunjangan hari raya (THR) dan tingkat upah minimum provinsi, lanjut dia, IDEAS memproyeksikan 15,3 juta pemudik yang diestimasi berstatus pekerja akan membawa remitansi ke kampung halamannya sebesar Rp 63,6 triliun.

"Dengan demikian, IDEAS memproyeksikan total perputaran uang terkait mudik selama musim mudik 2017 ini sebesar Rp 205,8 triliun. Untuk sebuah perhelatan temporer dengan durasi sekitar 2 pekan saja, angka ini tentu sangat signifikan, setara dengan 1,5 persen dari PDB atau 9,9 persen dari APBN 2017," kata dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.