Sukses

Menhub Budi Karya Berangkatkan Mudik Gratis 231 Bus

Ini bagian dari program mudik gratis 1.000 bus yang dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi hari ini memberangkatkan 231 bus yang mengangkut para peserta mudik gratis dari Taman Impian Jaya Ancol.

Pemberangkatan ini merupakan bagian dari program mudik gratis 1.000 bus yang dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Adapun keberangkatan ini menuju 29 kota.

"‎Ini upaya kita dalam mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, jadi masyarakat tidak lagi menggunakan kendaraan bermotor, tapi bisa menggunakan bus. Tahun ini kita lakukan semua dengan guyub dan rukun," kata Budi Karya di Anco, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Adapun kota-kota tujuan yang diberangkatkan hari ini di antaranya, Tegal, Semarang, Wonogiri, Solo, Yogyakarta, Kebumen, Klaten, dan lain sebagainya.

Diakuinya, tahun ini, penyelenggaraan mudik gratis lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dia bahkan berjanji, penyelenggaraan program yang sama ini kuotanya akan ditingkatkan dua kali lipat.

"Jumlah pemudik yang kita berangkatkan hampir 300 ribu, jika ditotal dengan seluruh mudik bareng yang diselenggarakan oleh BUMN dan perusahaan lain jumlahnya sudah dua kali lipat dibandingkan tahun lalu," paparnya.

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak selalu menjadikan bus sebagai tujuan utama mudik gratis. Kementerian Perhubungan juga akan meningkatkan kuota mudik untuk moda kapal laut.

Maka dari itu, ke depan, harapannya masyarakat bisa menjadikan mudik kapal laut menjadi moda favorit selain menggunakan bus. (Yas)‎

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.