Sukses

PLN Sumbagut Jamin Pasokan Listrik Saat Lebaran Aman

Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumatera Bagian Utara menjamin pasokan kelistrikan saat Lebaran mendatang akan tercukupi.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menjamin pasokan kelistrikan saat Lebaran mendatang akan tercukupi.

Manager Distribusi PLN Wilayah Sumut, Budiono saat temu pers di kantor PLN wilayah Sumut mengatakan, sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) hingga tanggal 20 Juni 2017 dibebani 161 Megawatt (MW).

“Nah kondisi semalam, beban untuk Sumbagut yaitu Sumut dan Aceh, beban puncaknya 1.936 MW. Untuk Sumut sendiri, itu bebannya 1.580 MW. Kemudian Aceh 306 MW,” katanya, Rabu (21/6/2017).

Ia menerangkan, secara total PLN memiliki cadangan listrik sebanyak 279 MW. Oleh karena itu kondisi kelistrikan di Sumbagut terutama di Sumut tercukupi hingga Lebaran mendatang.

“Ada cadangan daya 205 MW, dan mesin yang siap operasi tetapi tidak dioperasikan dan untuk cadangan juga namanya RS shut down, istilahnya mesin mati tetapi siap,” terangnya.

Ia menjelaskan, selain Sumbagut terdapat sistem Nias dengan daya 585 MW, kemudian beban puncaknya 27,3 MW sehingga masih ada cadangan daya 26,54 MW.

“Jadi keseluruhan system masih surplus, masih ada sisa cadangan dayanya,” jelasnya.

Ia menuturkan, untuk kesiapan kelistrikan saat Lebaran, PLN juga sudah membentuk posko-posko khusus untuk pengamanan selama Lebaran. Posko-posko tersebut berada di masing-masing area.

“Di posko-posko tersebut per harinya selama Lebaran akan ada 62 orang pegawai yang akan memantau kondisi kelistrikan di system Sumut, untuk meyakinkan dan menyiapkan keandalan kelistrikan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, posko tersebut hadir selama satu bulan penuh yaitu dimulai pada tanggal 10 Juni kemarin hingga Lebaran mendatang.

“Selain daripada itu, PLN juga menyiapkan trafo mobile yaitu trafo yang bergerak untuk mempercepat atau mempersingkat pemulihannya maka sementara pakai trafo mobile, terutama pada malam hari,” ungkapnya.

Ia mengatakan, ada 46 trafo mobile yang tersebar di delapan area yang disiapkan PLN. Kemudian PLN juga menyediakan genset untuk kondisi-kondisi kritis tertentu. Terutama untuk daerah-daerah prioritas akan backup genset.

“Jadi kesimpulannya hingga Lebaran mendatang, cadangan daya listrik PLN Sumut cukup untuk kebutuhan masyarakat,” katanya. (Reza Efendi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini