Sukses

Jokowi Targetkan Tol Bocimi Seksi 1 Rampung Tahun Ini

Presiden Jokowi menargetkan pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi seksi I Ciawi-Cigombong selesai pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I Ciawi-Cigombong selesai pada tahun ini. Kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan seksi II Cigombong-Cibadak pada tahun depan.

Jokowi mengungkapkan, saat ini proses pembangunan seksi I sudah tidak lagi menemui kendala. Sebelumnya, pembangunan tol tersebut dihadapkan pada sejumlah masalah, seperti pembebasan lahan.

"Perkembangan sangat baik. Progress-nya sangat baik, dari 54 km Tol Bocimi ini yang di seksi I sepanjang 15 km progresnya enggak ada masalah, pembebasan juga sudah beres semuanya. Konstruksi juga terus. Kita mau masuk pada seksi berikutnya di II, III dan IV. Saya kira di sini progresnya bagus," ujar dia di Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/6/2017).

Dia mengungkapkan, sebenarnya proses pembangunan tol ini telah dimulai sejak 1997. Namun sayangnya proses pembangunannya mangkrak lantaran terkendala sejumlah hal. Masalah pembebasan lahan dinilai menjadi kendala utama dari pembangunan tol ini.

‎"Kita harus ngerti loh ini sudah dimulai tahun 1997. Sudah sejak 1997 dimulai. Tapi ini yang paling penting, kita cek lapangan enggak ada masalah. Saya selalu di lapangan, yang saya tanyakan pada manager yang ada di lapangan masalahnya apa? Kalau enggak ada berarti sudah sesuai," ujar dia.

Namun, dengan selesainya proses pembebasan lahan, khususnya untuk seksi I, diharapkan bisa memacu penyelesaian pembangunan tol ini secara keseluruhan. Untuk tahun depan ditargetkan pembangunan seksi II bisa dimulai.

"Ya selesai (seksi I). Nanti masuknya baru masuk ke yang seksi II di tahun depan. Ini rampungkan ini dulu-lah, nanti mulai ke pengukuran dan pembebasan lahan. Seksi I tahun ini. Enggak ada molor, tidak ada," kata dia.

Dengan adanya tol ini, ujar Jokowi, diharapkan bisa mengurai kemacetan pada jalur Bogor-Sukabumi dan Ciawi-Sukabumi.‎ "Ini memang apa sangat diperlukan sekali, karena kemacetan yang dari Bogor-Sukabumi, Ciawi-Sukabumi parah sekali. Saya pernah merasakan," kata dia.

Sebagai informasi, Tol Bocimi terbagi ke dalam empat seksi. Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km, Seksi II Cigombong-Cibadak 11,9 km, seksi III Cibadak-Sukabumi 13,7 km, dan seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 km.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.