Sukses

6 Jurus Ampuh Tetap Hemat Saat Mudik

Supaya pengelolaan keuangan tidak berantakan, ada baiknya Anda menyusun terlebih dulu rencana anggaran yang dibutuhkan buat mudik.

Liputan6.com, Jakarta Tidak terasa, bulan Ramadan akan segera berakhir. Rutinitas tahunan yang selalu dilakukan oleh banyak orang Indonesia adalah pergi mudik. Mereka akan merayakan hari Idul Fitri bersama sanak keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Supaya pengelolaan keuangan tidak berantakan karena kehadiran serentetan perayaan ini, ada baiknya Anda menyusun terlebih dahulu rencana anggaran yang dibutuhkan.

Berikut enam trik agar bisa tetap hemat saat perjalanan mudik melansir lifehack.org, Selasa (20/6/2017):

1. Rencanakan jadwal dan anggaran

Sebelum mudik, pastikan Anda sudah merencanakan jadwal dan kegiatan yang akan dilakukan.

Jangan lupa juga untuk menyusun anggaran sehingga sudah ada bayangan berapa biaya yang akan dihabiskan.

2. Cermat memilih tempat tinggal

Agar lebih hemat, Anda bisa tinggal di rumah orang tua atau sanak saudara saat berada di kampung halaman.

Bagi Anda yang harus tinggal di hotel, Anda juga bisa memanfaatkan diskon dari kartu kredit sehingga bisa mendapat harga yang lebih murah.

3. Beli tiket dari jauh-jauh hari

Bagi Anda yang berpergian dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta, pesawat maupun bus, jangan lupa untuk membeli tiket dari jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan agar harga tiket kendaraan belum melonjak terlalu tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa makanan dan minuman selama perjalanan

4. Bawa makanan dan minuman selama perjalanan

Berhemat juga bisa dilakukan dengan membawa makanan dan minuman selama perjalanan. Biaya untuk membeli makanan ringan akan dipangkas dengan otomatis. Anda pun bisa memanfaatkan uang tersebut untuk pos anggaran yang lain.

5. Gunakan promo kartu kredit

Bila Anda memiliki kartu kredit, jangan lupa memanfaatkan berbagai macam promo berupa diskon harga, cashback maupun point rewards.

Beberapa hal ini tentu bisa menghemat biaya perjalanan mulai dari membeli tiket hingga biaya berbelanja kebutuhan seputar lebaran.

6. Pelajari Rute Mudik Yang Efektif

Bagi Anda yang akan melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu rute perjalanan mudik yang efektif.

Agar Anda tidak berakhir dengan perjalanan panjang dan berputar-putar. Hal tersebut bisa menghemat bensin tentunya.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.