Sukses

Harga Bawang Merah Stabil, Cabai Merangkak Naik

Kenaikan juga terjadi untuk jenis cabai rawit hijau.

Liputan6.com, Jakarta Mendekati Lebaran 2017, sejumlah bahan pangan mulai menunjukkan kenaikan. Dari hasil pantauan di Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan harga cabai mulai merangkak naik.

Untuk harga cabai merah keriting naik Rp 1.000 per kilogram (kg), dari Rp 25 ribu menjadi Rp 26 ribu per kg. Begitu juga dengan cabai merah besar, kini dijual dengan harga Rp 28 ribu, ada kenaikan Rp 2.000 dari beberapa hari sebelumnya.

"Kalau cabai itu biasa, naik turun terus, mungkin ini karena mendekati lebaran, jadi pada naik," kata Rahmayanti (39), salah satu pedagang saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (19/6/2017).

Kenaikan juga terjadi untuk jenis cabai rawit hijau. Untuk jenis ini, ada kenaikan Rp 1.000 per kg, dari sebelumnya Rp ‎38 ribu, kini menjadi Rp 39 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai rawit merah harganya menjadi Rp 60 ribu per kg, ada kenaikan Rp 2.000 per kg.

Sementara untuk jenis bahan pangan lainnya cenderung stabil jika dibandingkan sebelumnya. Untuk bawang merah, dijual dengan harga Rp 36 ribu per kg dan bawang putih seharga Rp 60 ribu per kg.

"‎Ya semoga pemerintah cepat tahu soal mulai ada kenaikan ini, sehingga bisa diatasi, bukan justru semakin naik saat mendekati lebaran," kata pedagang lainnya, Rohimah (43).

Untuk bahan pokok, seperti harga beras kualitas medium, dijual Rp 10 ribu per kg dan kualitas premium seharga Rp 12 ribu per kg. Minyak goreng, di pasar ini dibanderol seharga Rp 13 ribu per kg, telur ayam Rp 22 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per kg.

Sedangkan untuk jenis daging, daging ayam saat ini di kisaran harga Rp 35 ribu-Rp 40 ribu per kg tergantung ukuran. Sementara untuk daging sapi dijual dengan harga Rp 115 ribu per kg.

Simak video menarik berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.