Sukses

‎Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Naik

Harga daging ayam mengalami kenaikan Rp 3.000 per ekor dari sebelumnya Rp 35 ribu per ekor

Liputan6.com, Jakarta Tren kenaikan harga bahan pangan mendekati Lebaran terjadi setiap tahunnya. Salah satunya harga daging ayam yang naik jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Dari hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, harga daging ayam mengalami kenaikan Rp 3.000 per ekor dari sebelumnya Rp 35 ribu per ekor, kini menjadi Rp 38 ribu per ekor.

"Kalau dibanding kemarin ini harganya sama. Tapi kalau sama minggu lalu, ada kenaikan sedikit," kata salah satu pedagang daging ayam, Yanti (45), saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (16/6/2017).

Kenaikan juga terjadi untuk jenis minyak goreng curah. Minyak goreng mengalami kenaikan Rp 1.000 jika dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya. Saat ini minyak goreng dijual Rp 13 ribu per kilogramnya (kg).

Sementara untuk berbagai bahan pangan lainnya relatif stabil dalam beberapa hari ini. Bahkan untuk komoditas bawang putih mengalami tren penurunan dari minggu lalu Rp 45 ribu per kg, kini menjadi Rp 40 ribu per kg.

"Alhamdulillah, walaupun beberapa hari lalu ada kenaikan, tapi sekarang sudah terkendali. Ini lebih bagus daripada tahun lalu," kata pedagang lain, Nurlaila (52).

Untuk harga cabai merah keriting, saat ini dijual‎ seharga Rp 22 ribu per kg, cabai merah besar Rp 30 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 40 ribu per kg dan cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg.

Sementara untuk bawang merah, harga stabil di angka Rp 30 ribu per kg, telur ayam Rp 20 ribu per kg, kentang Rp 18 ribu per kg, tomat Rp 12 ribu per kg dan gula pasir Rp 15 ribu per kg.

Sedangkan untuk jenis daging, daging sapi masih betah di harga Rp 120 ribu per kg dan daging kambing Rp 115 ribu per kg‎.

Mengenai komoditas dasar seperti beras, terlihat juga stabil. Beras kualitas premium dijual seharga Rp 13 ribu per kg, kualitas medium mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kg. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini