Sukses

Cetak Rekor, Lahan Parkir Sempit di Hong Kong Dilego Rp 8,8 M

Hong Kong kembali mencetak rekor tertinggi untuk penjualan properti.

Liputan6.com, Jakarta - Hong Kong kembali mencetak rekor tertinggi untuk penjualan properti. Kali ini, harga super mahal itu rela digelontorkan seorang petinggi perusahaan investasi untuk membeli sebuah lahan parkir.

Lahan parkir seluas 17,5 meter persegi terjual dengan harga US$ 664.300 atau setara Rp 8,8 miliar. Seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (15/6/2017), lahan tersebut berada di lantai satu sebuah komplek apartemen mewah yang menghadap laut di sisi barat Hong Kong.

Harga lahan parkir ini melebihi harga dari rumah dua kamar di Hong Kong. Media setempat melaporkan, rumah dua kamar di daerah tersebut memiliki harga lebih murah sebesar US$ 538.527 atau Rp 7,1 miliar.

Harga properti komersial dan residensial di Hong Kong memang terus melambung dalam beberapa tahun ini dikarenakan masuknya dana dari investor dan pengembang China.

Hal ini bahkan terus terjadi meski pemerintah mencoba mengeluarkan serangkaian kebijakan untuk meredam lompatan harga. Alhasil, usaha kecil terpaksa tutup karena beban sewa yang melangit. Selain itu, banyak penduduk tidak mampu membeli atau menyewa rumah yang layak.

Sejumlah kritikus menuduh pemerintah memiliki hubungan "dekat" dengan para investor dan pengembang, sehingga lalai memprioritaskan pembangunan perumahan rakyat dengan harga masuk akal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.