Sukses

Harga Emas Sentuh Level Tertingginya di April

Suku bunga yang lebih tinggi akan memberi tekanan pada harga emas.

Liputan6.com, New York Harga emas menguat usai naik ke level tertinggi dalam enam minggu terpicu  data pekerjaan yang mengecewakan meredam kemungkinan Bank Sentral AS menaikkan tingkat suku bunganya secara agresif.

Meskipun tidak mungkin pula untuk mencegah terjadinya kenaikan suku bunga pada Pertemuan kebijakan Federal Reserve bulan ini.

Melansir laman Reuters, Selasa (6/6/2017), harga emas di pasar Spot  stabil di posisi US$ 1.279,11 per ounce usai naik 1,1 persen pada hari Jumat. Harga emas mencapai posisi puncak US$ 1.283,27 di awal sesi, level tertingginya Sejak 21 April. Sementara emas berjangka AS naik 0,2 persen menetap di US$ 1.282,70 per ounce.

Pertumbuhan pekerjaan AS melambat pada Mei dan kenaikan lapangan kerja di dua bulan sebelumnya tidak sekuat data yang dilaporkan. Ini menghilangkan momentum di sektor pekerjaan.

Analis memperkirakan suku bunga berjangka AS akan sedikit berubah sebagai ukuran terkait aktivitas industri jasa yang turun pada Mei. Penurunan untuk pertama kalinya sejak Februari 2016.

Pedagang melihat peluang kemungkinan The Fed menaikkan suku bunganya mencapai 96 persen, pada pertemuan yang berlangsung minggu depan.

Suku bunga yang lebih tinggi akan memberi tekanan pada harga emas. "Laporan data ketenagakerjaan As yang lebih lemah dari perkiraan, saat dirilis pada 2 Juni membuat harga emas menguat. Harga kemungkinan juga belum tentu kembali tergelincir seiring kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan FOMC di Juni," tulis Analis Standard Chartered dalam sebuah catatan.

Sementara harga paladium mencapai level terkuatnya sejak September 2014 di posisi US$ 849,40. Analis UBS Giovanni Staunovo mengatakan bahwa hal itu mungkin terjadi karena faktor teknis telah mendukung paladium dalam beberapa hari terakhir.

Sementara harga Perak mencapai level tertinggi US$ 17,64 per ounce, posisi terkuat sejak 26 April. Platinum sedikit berubah ke posisi US$ 952.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas