Sukses

Tol Brebes Timur hingga Semarang Difungsikan untuk Arus Mudik

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) menyiapkan berbagai strategi supaya mudik tahun ini berjalan dengan baik

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) menyiapkan berbagai strategi supaya mudik tahun ini berjalan dengan baik. Strategi tersebut berupa perbaikan jalan hingga memfungsikan beberapa ruas tol.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU-PR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, Kementerian. PU-PR telah melakukan penambalan jalan pada jalan nasional.

"Kita sudah siapkan, sudah sejak musim kemarau, musim hujan agak berhenti, lubang-lubang kita tutup semua jalur utama. Pantura dan Pantai Selatan," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Sejalan dengan itu, dia mengatakan, PU-PR akan memfungsikan beberapa jalur tol dari Brebes Timur hingga Semarang. Ini berbeda dengan tahun lalu yang hanya sampai Brebes Timur.

"Kalau tahun lalu hanya sampai Brebes Timur," ujar dia.

Tahun ini, pemudik bisa memanfaatkan tol fungsional ini. Adapun jalurnya, pemudik masuk dari Brebes Timur kemudian tembus sampai Weleri.

"Sekarang kami siapkan fungsional, dari Brebes Timur sampai Weleri, itu fungsional artinya bisa digunakan. Kalau Weleri sudah lewat Tegal, Pekalongan, Alas Roban, jadi kemacetan sudah lewat semuanya," jelas dia.

Arie mengatakan, setelah keluar Weleri, pemudik bisa melanjutkan masuk tol hingga keluar di Ngaliyan. Artinya, pemudik bisa langsung sampai Semarang.

"Keluar Weleri itu sudah, masuk Kaliwungu lagi, keluar Ngaliyan. Ngaliyan itu sudah dekat sekali Semarang. Tapi fungsional artinya dua lajur satu arah," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini