Sukses

5 Tips Bangkitkan Bisnis Usai Dihantam Krisis

Sebuah perusahaan pastinya akan mengalami pasang surut, terutama perusahaan yang umurnya belum 5 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perusahaan pastinya akan mengalami pasang surut, terutama perusahaan yang umurnya belum 5 tahun. Masa-masa krisis yang dihadapi tentu akan menimpa mental Anda untuk menjadi pengusaha yang tangguh.

Kemampuan Anda dalam menghadapi masalah akan semakin terasah sehingga saat krisis berlalu, maka Anda akan semakin matang dalam mengambil tindakan.

Menjalankan bisnis memang penuh dengan tantangan. Ketika bisnis Anda diterpa krisis, terkadang Anda merasa tidak sanggup mengatasinya dan berpikir untuk berhenti.

Namun, perlu Anda ketahui, bisnis yang pernah diterjang krisis dan kemudian bangkit lagi, akan membuat bisnis tersebut menjadi lebih kuat.

Berikut ini adalah jurus untuk mempertahankan bisnis setelah dihantam krisis seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Berinovasi

Hal pertama yang Anda lakukan yaitu menjaga hubungan baik dengan rekan bisnis yang sudah lama terjalin. Menunjukkan sikap percaya diri di hadapan karyawan, supplier, dan pelanggan akan membantu Anda untuk berpikir positif.

Hal ini akan mendorong Anda untuk mendapatkan ide-ide baru yang dapat Anda gunakan untuk mencari peluang baru dan berinovasi.

2. Kegagalan lalu dijadikan pelajaran

Analisa di mana letak kesalahannya kemudian tentukan langkah dan strategi untuk mengambil tindakan pencegahan atau perbaikan. Kesalahan dan kegagalan yang terjadi merupakan pengalaman Anda untuk belajar dan menganalisa banyak hal dan merupakan proses untuk menjadi lebih baik.

Buatlah rencana dan memikirkan secara detil semua kemungkinan yang bisa terjadi. Jangan menyerah dalam menghadapi kegagalan, kembali berdiri dan fokus. Masa depan tidak akan berubah jika Anda hanya terpaku pada masa lalu.

3. Mensyukuri kesuksesan kecil

Jangan meremehkan pekerjaan kecil yang Anda terima. Layani klien dengan memberikan yang terbaik sehingga klien merasa puas. Klien yang puas pasti akan kembali kepada Anda.

Tidak menutup kemungkinan akan memberikan pekerjaan yang lebih besar atau merekomendasikan bisnis Anda. Sekecil apapun keberhasilan yang Anda raih, layak untuk disyukuri.

team work

4. Memiliki team work dengan performa maksimal

Mempunyai team work yang solid dengan orang-orang terbaik di dalamnya akan sangat membantu Anda pada masa membangkitkan bisnis kembali. Analisa kelebihan mereka dan temukan cara untuk memaksimalkannya agar bisnis Anda dapat tumbuh kembali.

5. Proses yang membutuhkan waktu

Meraih kesuksesan bisnis setelah masa krisis tidak bisa didapatkan secara ekspress atau instan. Proses ini tentu saja membutuhkan waktu dan kerja ekstra keras. Anda harus mempunyai kemauan yang kuat untuk berkembang.

Masa Krisis dalam bisnis dapat membuat Anda lebih dewasa dan tangguh dalam menghadapi masalah yang ada. Anda juga harus mau untuk terus mengembangkan diri seiring dengan perjalanan waktu, di mana bisnis tidak akan sama pada saat sebelum dan setelah krisis. Semoga Bermanfaat.

Mau baca tips bisnis dan karier lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.