Sukses

Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Sukses Psikotes

Psikotes merupakan fase yang harus dilewati setiap pelamar kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Psikotes merupakan fase yang harus dilewati setiap pelamar kerja sebelum akhirnya bertemu dengan user dan menemukan posisi yang diinginkan. Sehingga sebagian dari mereka mencari cara agar dapat lolos di tahapan ini karena hanya selangkah lagi menuju karir impian.

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar sukses dalam psikotes? Berikut jawabannya seperti dikutip dari Karir.com:

1. Persiapkan diri sebaik mungkin

Persiapan apa yang sebaiknya dilakukan jelang psikotes? Anda bisa mulai mencari tahu apa saja yang biasanya keluar di soal psikotes, berlatih mengerjakan soal-soal tersebut, dan persiapan mental tentunya.

Bagi sebagian orang psikotes dianggap menakutkan, sebagian lainnya justru menunggu saat psikotes tiba. Meskipun tak lolos dalam ujian, setidaknya pengalaman dapat dijadikan bekal dan pelajaran untuk sukses nantinya.

Beberapa hari sebelum psikotes dimulai, Anda disarankan untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dan istirahat yang cukup agar stamina tetap terjaga.

2. Jujur

Jika dari awal saja Anda sudah berbohong, bagaimana hasil akhirnya? Psikotes bukan hanya persoalan benar atau salah, tapi juga jujur atau tidak. Selain kejujuran, konsistensi juga diperlukan.

3. Manfaatkan waktu dengan bijak

Dikarenakan pertanyaan yang diberikan terlampau banyak dengan tipe soal berbeda-beda, Anda perlu memanfaatkan waktu dengan bijak. Biasanya akan ada batasan waktu dalam pengerjaan soal psikotes, tapi tak perlu terburu-buru, kerjakan sesuai kemampuan Anda dengan penuh percaya diri.

Agar tidak gugup, Anda bisa berlatih mengerjakan soal psikotes dipacu oleh waktu. Semakin sering Anda berlatih maka akan semakin terbiasa.

Berdoa



4. Berdoa

Terlepas dari segala usaha yang telah dilakukan, ada baiknya untuk berdoa. Dengan berdoa semua persoalan pasti ada jalan keluarnya, begitu juga dengan impian, pasti ada saja jalannya. Hal terpenting adalah sudah berusaha semaksimal mungkin, hasil akhirnya biar Tuhan yang menentukan.

Selain keempat tips di atas, Anda bisa melakukan refreshing sehari sebelum psikotes diadakan dan jangan lupa untuk istirahat yang cukup.

Faktor kegagalan psikotes paling utama adalah gugup saat mengerjakan soal-soalnya dan terlalu terburu-buru. Semoga sukses selalu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.