Sukses

4 Cara Lawan Rasa Ngantuk Saat Puasa

Salah satu kendala yang paling sering dialami orang saat berpuasa adalah mengantuk di siang hari.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa sudah tiba, salah satu kendala yang paling sering dialami orang saat berpuasa adalah mengantuk di siang hari.

Badan terasa lemas, sering mengantuk saat siang hari, hingga berkurangnya konsentrasi saat bekerja memang sering dirasakan ketika sedang berpuasa.

Perasaan mengantuk yang ditimbulkan saat berpuasa disebabkan menurunnya kadar gula darah yang membuat otak kesulitan untuk berkonsentrasi, dan hal ini sangat mengganggu produktifitas bekerja.

Nah, berikut ini ada beberapa cara dalam mengatasi rasa mengantuk saat sedang berpuasa seperti dikutip dari Karir.com:

1. Tidur cukup dan berkualitas di malam hari

Untuk mencegah rasa kantuk di siang hari saat berpuasa adalah pastikan bahwa Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari. Hindari lembur bekerja dan usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya, ini dimaksudkan supaya Anda tidak kurang tidur.

2. Gunakan jam istirahat untuk tidur siang

Jika rasa mengantuk sudah tidak bisa ditahan lagi, Anda bisa ambil kesempatan tidur siang saat jam istirahat. Anda bisa gunakan 10 sampai 20 menit untuk tidur.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang yang singkat pada siang hari akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan produktif.

Cuci muka



3. Cuci muka

Jika rasa mengantuk tiba, cobalah pergi ke toilet dan basuh muka dengan air dingin. Cara ini sudah terbukti bisa mengurangi rasa kantuk saat bekerja. air dingin juga membantu lebih rileks dan segar.

4. Jalan-jalan di sekitar kantor

Selain cara di atas, Anda bisa lakukan beberapa aktifitas fisik ringan seperti jalan-jalan di sekitar kantor. Dengan aktivitas ini dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.