Sukses

Harga Apartemen di Depok Diprediksi Akan Naik

Median harga apartemen di Depok cenderung meningkat pada semester pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah.com Property Index mencatat median harga apartemen di kawasan Depok, Jawa Barat, pada kuartal I-2017 mencapai Rp 16 juta per meter persegi. Meski median harga ini belum bergerak sejak kuartal IV-2016 lalu, apartemen di Depok diprediksi akan mengalami peningkatan media harga pada kuartal berikutnya.

Country Manager Rumah.com Wasudewan menjelaskan, berdasarkan Rumah.com Property Index, median harga apartemen di Depok cenderung meningkat pada semester pertama, lalu menurun namun tidak signifikan di semester berikutnya.

“Boleh jadi, ini menandakan tingginya minat para pemburu apartemen di semester pertama, karena mereka ingin segera menawarkan huniannya untuk para mahasiswa baru yang akan masuk kuliah pada semester kedua,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin (29/5/2017).

Wasudewan menambahkan bahwa data Rumah.com Property Index sangat penting untuk mengatasi masalah transparansi dalam industri properti di Indonesia. Karena dengan data tersebut, para investor yang tertarik untuk memasuki pasar apartemen di Depok dapat memiliki referensi harga sebelum mereka mengambil keputusan.

“Data Rumah.com Property Index merupakan hasil analisis dari 400 ribu listing properti yang diakses 3,4 Juta pengunjung setiap bulan. Para pengunjung kami juga mengunjungi 17 Juta halaman properti kami setiap bulan,” tambahnya.

Pasar apartemen di kawasan Depok relatif menggiurkan. Hal ini disebabkan oleh setiap tahunnya, sekitar 20.000 mahasiswa baru akan memasuki kawasan Depok untuk memulai tahun ajaran baru. Apalagi juga didukung dengan sarana infrastruktur baru berupa Jalan Tol Depok-Antasari yang diperkirakan Seksi I-nya akan bisa mulai beroperasi di akhir tahun 2017 ini.

Selain membidik pasar mahasiswa yang kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Gunadharma dan kampus lain di kawasan Depok, para investor juga memiliki target baru. Awal tahun 2018 mendatang, Rumah Sakit Universitas Indonesia akan mulai beroperasi, sehingga para karyawan, dokter dan keluarga pasien rawat inap bisa memiliki beragam pilihan hunian berupa apartemen di kawasan Depok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.