Sukses

Puasa Tinggal Hitungan Hari, Harga Bahan Pokok Stabil

Mendag Enggartiasto Lukita memastikan pasokan bahan pangan saat puasa ‎aman, dan harganya pun sudah berangsur turun.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah bahan pangan terpantau stabil di Pasar Senen, Jakarta Pusat, sore ini (26/5/2017). Bawang putih, cabai rawit merah, dan daging sapi tidak berubah sejak beberapa hari lalu. Kondisi ini berbeda dengan puasa sebelumnya, di mana harga-harga bergerak naik.

Pedagang sayur mayur, Azis (38)‎, mengungkapkan, harga bawang putih cutting saat ini Rp 60 ribu per kilogram (kg). Harga tersebut stabil dalam dua pekan terakhir karena sebelumnya sempat melejit sampai Rp 75 ribu per kg akibat pasokan menipis. Bawang putih biasa atau non-cutting pun sekarang ini dijual seharga Rp 50 ribu ‎per kg, dari sebelumnya Rp 55 ribu per kg.

Cabai rawit merah juga stabil. Harga sekarang Rp 55 ribu per kg. Seminggu sebelumnya Rp 60 ribu per‎ kg. Cabai keriting merah dibanderol Rp 25 ribu-30 ribu dari pekan lalu Rp 35 ribu per kg, rawit hijau Rp 30 ribu per kg dari Rp 35 ribu per kg, cabai merah besar turun dari Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg, serta cabai hijau besar Rp 25 ribu per kg.

"Biasa kalau dekat puasa pada naik loh, tapi ini lagi stabil, turun semua dari harga beberapa hari sebelumnya karena pasokan lagi banyak," kata Azis saat berbincang dengan Liputan6.com di Pasar Senen.

Namun demikian, dia mengaku, harga-harga bahan pangan berpotensi meningkat sebelum lebaran karena permintaan melonjak. "Seminggu sebelum Lebaran biasanya naik lagi. Tapi kalaupun naik tidak banyak karena pemerintah pasti sudah antisipasi," jelas Pria asal Bogor itu.

Sementara itu, pedagang daging sapi di Pasar Senen, Adi Khairudin (45) menuturkan, harga daging sapi masih berkisar Rp 110 ribu-120 ribu per kg. Adapun daging sapi khas dalam dijual Rp 140 ribu-150 ribu per kg.

"Normal harganya Rp 110 ribu-120 ribu per kg karena harga karkas dari jagal tidak naik, tetap Rp 90 ribu per kg," katanya.

Agus (40), pedagang sembako di Pasar Senen mengaku, harga kebutuhan pokok, seperti minyak goreng, gula pasir, beras pun dalam posisi stabil. Minyak goreng dijual seharga Rp 13 ribu per kilo, gula pasir Rp 13 ribu per kg, ‎telur ayam ras Rp 23 ribu per kg, dan beras medium Rp 11 ribu per kg.

"Harga-harga sembako stabil, tidak naik," tuturnya.

Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, memastikan pasokan bahan pangan saat puasa ‎aman, dan harganya pun sudah berangsur turun.

"Ramadan aman, karena semua kita siapkan. Sampai dengan Mei ini aman. Misalnya bawang putih, pasokannya sudah masuk dan akan masuk lagi 9 ribu ton. Kita kirim 7 kontainer bawang putih ke Pontianak, harga langsung turun," pungkas dia. ‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.