Sukses

Permudah Pengguna Angkutan Umum, BPTJ Gandeng Moovit

Adanya aplikasi ini diharapkan akan mempermudah masyarakat yang akan menggunakan angkutan umum.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan memperkenalkan aplikasi penyedia jasa angkutan umum bernama Moovit. Adanya aplikasi ini diharapkan akan mempermudah masyarakat yang akan menggunakan angkutan umum.

Kepala BPTJ Elly Adrian Sinaga mengatakan, saat ini aplikasi Moovit ini telah digunakan oleh sekitar 60 juta pengguna di seluruh dunia di 1.200 kota pada 72 negara. Aplikasi ini juga telah menggunakan 47 bahasa dan 120 ribu komunitas lokal.

"Aplikasi angkutan umum disebut Moovit. Ini sudah dipakai di banyak negara. Aplikasi khusus angkutan umum yang diproduksi di Silicon Valley, kita kerja sama," ujar dia di Kantor BPTJ, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Dia mengungkapkan, aplikasi ini akan membantu penggunanya untuk memperoleh informasi pilihan rute, posisi armada, waktu kedatangan, waktu tempuh, jenis moda dan titik transit. Dengan demikian, diharapkan akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memilih moda transportasi yang akan digunakan serta membuat masyarakat semakin tertarik menggunakan angkutan umum.

‎"Kalau sudah download aplikasi, nanti tinggal masukan dari mana kemudian mau ke mana. Maka akan keluar pilihan angkutan umumnya," kata dia.

Elly menjelaskan, ada sejumlah fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, seperti Live Directions yang akan memandu pengguna naik transportasi umum secara detail, Gett off Alert untuk mengingatkan pengguna untuk turun di tujuan yang telah ditentukan.

Kemudian fitur Nearby Stations yang memudahkan pengguna untuk melihat halte atau stasiun terdekat dan melihat waktu kedatangan bus atau kereta. Fitur Lines, di mana pengguna bisa memasukkan rute favorit dan melihat rute transportasi umum yang ada di kota tersebut.

Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi terintegrasi ini untuk melaporkan jika ada kejadian di lokasi melalui fitur Reports. Fitur ini akan menjadi pedoman bagi pengguna lain untuk mengetahui kejadian yang mungkin terjadi di jalan raya. Selain itu juga bisa melaporkan tentang kepadatan penumpang di dalam angkutan, tingkat kebersihan, temperatur, perilaku pengemudi dan lain-lain.

Menurut Elly, Moovit telah mengakomodir sejumlah angkutan umum yang ada seperti angkot, KCJ, TransJakarta, bus Damri Bandara, termasuk angkutan permukiman JRConnexion dan angkutan bandara JAConnexion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini