Sukses

Pemerintah Segera Luncurkan Aplikasi Penyedia Informasi Mudik

Dengan aplikasi mudik, masyarakat bisa mendapat informasi mengenai letak SPBU, tempat istirahat hingga tempat makan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan merilis sebuah aplikasi penyedia informasi mudik. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa mendapat informasi mengenai letak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), tempat istirahat, sampai tempat makan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap, aplikasi ini memberi kenyamanan masyarakat saat mudik. "Untuk menambah kenyamanan informasi dari masyarakat sedang dikembangkan aplikasi, masyarakat yang mudik itu bisa mengetahui contohnya lokasi terdekat pom bensin, rest area, atau tempat makan. Lokasi terdekat pos kesehatan dan lain sebagainya," kata dia di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Aplikasi ini belum memiliki nama. Namun, dia menuturkan, aplikasi ini berbasis Android. "Namanya belum ada, tapi yang lebih penting ini menyediakan informasi bagi masyarakat, aplikasinya berbasis Android," ujar dia.

Dia mengatakan, aplikasi ini akan rilis pada 12 Juni 2017 mendatang. "12 Juni kita akan launching 2 minggu sebelum Lebaran," ungkap dia.

Di samping itu, dia mengatakan, para menteri akan rutin memberi informasi terkait Lebaran. Tidak hanya dari sisi transportasi, melainkan juga secara keseluruhan meliputi logistik, pangan, dan lain sebagainya.

"Secara berkala rata-rata seminggu sekali sampai dengan seminggu jelang Lebaran menteri-menteri informasi, seperti ini. Bukan hanya transportasi, tapi sisi kesiapan inventory, logistik, harga pangan," tandasnya.

Sebagai informasi, Kemenkominfo bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) dan seluruh operator seluler juga akan melakukan Apel Kesiapan Bidang Telekomunikasi dan Penyiaran.

Apel ini dilakukan dalam bentuk pengujian (drive test) untuk memastikan performa jaringan telekomunikasi dan kesiapan penyiaran untuk mengatasi peningkatan pergerakan trafik saat mudik Lebaran dan arus balik Lebaran 2017. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.