Sukses

Jasa Marga Kebut Pembangunan Parking Bay, Cek Lokasinya

Berbeda dengan rest area, parking bay hanya menyediakan beberapa fasilitas utama antara lain toilet, musholla, dan lahan parkir.

Liputan6.com, Jakarta Langkah menghadapi momen mudik Lebaran, Jasa Marga menghadirkan fasilitas parking bay yang tersebar di beberapa titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Palimanan-Kanci. Parking bay merupakan lokasi alternatif para pemudik beristirahat.

Berbeda dengan rest area, parking bay hanya menyediakan beberapa fasilitas utama antara lain toilet, musholla, dan lahan parkir, tanpa keberadaan tenant dan SPBU.

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan bahwa fungsi dari parking bay sebagai alternatif beristirahat pengguna jalan.

"Parking bay berfungsi untuk menambah kapasitas rest area yang kebutuhannya meningkat pada saat libur panjang dan arus mudik-pulang lebaran," kata Heru di Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Pada Jalan Tol Jakarta Cikampek, terdapat tiga lokasi parking bay yaitu di Km 18, Km 41, dan Km 59 bagi pemudik yang akan menuju Cikampek. Sementara di arah Jakarta, tersedia dua titik pada Km 34 dan 58. Sedangkan pada Jalan Tol Palimanan-Kanci, parking bay terdapat di Km 191.

Pembangunan parking bay diharapkan dapat melayani pengguna jalan yang ingin beristirahat, mengingat keberadaan tempat istirahat (rest area) saat liburan panjang dan musim mudik Lebaran tidak mampu menampung kebutuhan pengguna jalan.

Deputy General Manager Maintenance Cabang Jakarta-Cikampek Denny Chandra mengungkapkan, pembangunan parking bay di ruas Jakarta-Cikampek sudah memasuki tahap penyelesaian dan siap digunakan pada mudik Lebaran.

"Parking bay hanya akan dibuka saat long weekend dan mudik saja. Sampai saat ini, tahap pembangunan sudah menyentuh angka 98 persen, kecuali pada Km 58 yang masih 65 persen. Namun kami upayakan parking bay ini sudah siap digunakan sejak H-20 Lebaran," ujarnya.

Jasa Marga berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kenyamanan pengguna jalan melalui optimalisasi pelayanan disepanjang jalan tol Jasa Marga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.