Tiki Bakal Kirim 2 Juta Paket untuk Lebaran Tahun Ini

Oleh Achmad Dwi Afriyadi pada 18 Mei 2017, 20:52 WIB
(Foto: Liputan6.com/Achmad Dwi)

Liputan6.com, Tangerang - PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki) bakal membawa 2 juta paket barang untuk periode Ramadan tahun ini. Pengiriman paket tersebut lebih tinggi jika dibanding dengan bulan-bulan biasanya.

Sales Manager Tiki Ferry W mengatakan, rata-rata pengiriman di bulan biasa sebanyak 1,2 juta paket. Dia mengatakan, jumlah pengiriman barang akan meningkat sekitar 30-50 persen dibanding bulan biasanya.

"Jumlah paket 1,5 juta-2 juta paket total seluruh Indonesia di bulan Ramadan," kata dia Kantor M1 Tangerang, Kamis (18/5/2017).

Dia mengatakan, pengiriman barang akan melesat pada pekan kedua Ramadan. Menurut dia, kenaikan pengiriman barang lumrah terjadi jelang Ramadan.

Ferry bilang, tingginya pengiriman juga didorong oleh e-commerce. Ketika Ramadan, bakal banyak e-commerce menawarkan promo.

"Sekarang lagi hits e-commerce kalau dia ada campaign ada promo otomatis mengalami kenaikan," ujar dia.

Barang yang dipaketkan pun variatif seperti baju dan makanan kering. "Tapi biasanya di Ramadan, kita lihat makanan kering, baju, yang dikirimkan e-commerce," ujar dia.

Traffic & Network Junior Director Tiki Ahmad Ferwito mengatakan, perseroan berkomitmen mengirimkan barang sesuai layanan yang dipakai konsumen. Supaya barang yang dikirim tidak terlambat, perseroan menerapkan beberapa strategi. Pertama, menambah gelombang pengiriman barang.

"Yang biasanya kita 5 gelombang kita tambah 7, jadi sifatnya barang masuk kita keluarkan lagi, jadi nggak ada penumpukan," ungkap dia.

Begitu juga untuk pengiriman udara. Pihaknya telah bersiap dengan cara menambah slot jatah pengiriman. Di samping itu, Tiki juga akan mengoptimalkan tenaga kerja freelance.

"Antisipasinya kita penambahan tenaga kerja freelance honorer bisa ambil. Tentu diambil sekitar daerah ini," ungkap dia.

Perseroan juga akan melakukan penambahan jumlah kendaraan untuk mengirim paket. Di Jakarta sendiri, jumlah kendaraan yang dimiliki sekitar 115 unit.

"Kendaraan bisa nambah sekitar 30 persen dari kendaraan yang ada. Total untuk Jakarta 115," kata dia.

Untuk diketahui, Tiki memiliki beberapa produk atau layanan. Antara lain, same days service (SDS) di mana paket yang dikirimkan bisa diterima pada hari yang sama. Over night services (ONS) yakni paket yang dikirimkan akan tiba keesokan harinya. Ada pula holiday delivery services (HDS) yaitu layanan pengantaran paket saat hari libur.

Tiki juga memiliki layanan reguler (REG) yang mana paket akan sampai kurang dari 4 hari kerja. Layanan ekonomi (ECO) untuk untuk ritel. Paket itu menawarkan layanan yang lebih hemat biaya. Terakhir adalah layanan internasional (INT) dengan paket atau dokumen bisa dikirim ke luar negeri.

 

 

Tag Terkait