8 Alasan buat Berhenti Kerja Meski Belum Punya Pekerjaan Baru

Oleh Dhita Koesno pada 19 Mei 2017, 05:31 WIB
Berhenti Bekerja Tanpa Hitung Tabungan, Amankah?

Liputan6.com, Jakarta Biasanya saat seseorang ingin berhenti dari pekerjaannya saat ini, mereka akan berpikir dua kali jika belum mendapatkan pekerjaan yang baru.

Seseorang tetap bertahan dengan pekerjaannya meski terkadang mereka sudah mengalami penyiksaan secara batin dan fisik, demi tetap memiliki pekerjaan.

Padahal jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini tak baik bagi pekerja tersebut. Kondisi itu bisa menyebabkan penyakit atau hal buruk lainnya.

Bila Anda dalam posisi ini, simak 8 hal yang patut menjadi pertimbangan untuk berhenti kerja meski belum mendapatkan pekerjaan baru, seperti mengutip laman Forbes, Jumat (19/5/2017). 

1. Pekerjaan saat ini tidak memberikan keamanan secara fisik atau emosional

Keamanan yang dimaksud seperti tindakan penganiayaan. Bahkan bila Anda mengalami ini, selain berhenti dari pekerjaan tersebut, Anda juga harus menerima uang kompensasi karena kekerasan yang diterima.

Bagaimana Anda bisa bekerja dengan baik, jika jiwa dan fisik di tempat kerja terancam.

2. Pekerjaan saat ini membuat sakit

Dengan kondisi ini, Anda mungkin bisa meminta cuti medis sementara dari pekerjaan yang menimbulkan tekanan atau kondisi lain di tempat kerja.

Jika pekerjaan justru membuat Anda jadi sakit, tampaknya ini tanda untuk segera keluar kerja.

3. Punya teman atau saudara yang bisa mempekerjakan saat kondisi sulit

Bila peluang ini ada maka segera ambil kesempatan itu. Keluarlah dari pekerjaan lama yang membuat Anda tidak nyaman dan bekerjalah di tempat yang menawarkan pekerjaan lebih baik.

1 of 2

4. Mulai tak fokus dan pikiran tidak tenang

Anda mungkin harus mulai membatasi pengeluaran sebelum mendapat pekerjaan baru, tapi cara ini lebih baik, daripada bertahan di tempat kerja dan tetap terjebak dalam kegalauan pikiran selamanya.

5. Dapat pemasukan tambahan untuk membiayai hidup sehari-hari

Bila ini terjadi maka segera berhenti dari perusahaan yang membuat Anda tidak nyaman.

Beberapa penghasilan tambahan yang bisa didapat seperti menjadi supir atau ojek online, bekerja paruh waktu untuk perusahaan katering dan menjual barang ekstra Anda di toko online untuk menutupi tagihan rumah tangga.

Terkadang orang bisa jadi kreatif ketika dihadapi pada situasi yang buruk seperti di tempat kerja.

6. Tak bisa bekerjasama dengan baik di tempat bekerja

Untuk membuat pekerjaan berhasil, harus ada kerja sama dengan rekan sekantor atau pimpinan. Bila Anda merasa ini tak terjadi maka pikirkan untuk segera meninggalkan pekerjaan tersebut.

7. Kantor tidak membolehkan ijin saat sakit atau kondisi darurat

Bila suatu saat ini terjadi, segera putuskan tidak perlu lagi pergi bekerja di tempat itu. Dalam keadaan itu, memang akan sulit atau tidak mungkin untuk mencari pekerjaan lain. Tapi yakinlah ada tempat lain yang bisa memanusiawikan Anda saat bekerja dan Anda layak untuk mendapatkannya.

8. Tak membolehkan cuti ketika sudah penat dengan pekerjaan

Robot saja perlu beristrahat, apalagi manusia, karenanya jangan sampai Anda tidak memperhatikan hal ini. Sekali lagi bekerjalah di tempat yang bisa memanusiakan manusia, bukan malah jadi seperti “sapi perah”. Jika bekerja dengan hati dan pikiran yang baik, biasanya hasil kerja juga akan baik dan maksimal.

 



 




Lanjutkan Membaca ↓