Sukses

Sinyal Penguatan IHSG Belum Terlihat

IHSG melemah pada perdagangan kemarin disebabkan penurunan sektor aneka industri dan pertambangan. Kedua susut lebih dari 1 persen.

Liputan6.com, Jakarta Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi masih tertekan pada perdagangan saham Kamis pekan ini. IHSG akan melanjutkan pelemahan seperti kemarin dengan IHSG ditutup pada level 5.615,49 atau turun 31,51 poin.

"Sinyal rebound belum terlihat sehingga pergerakan IHSG akan cenderung kembali tertekan pada range pergerakan 5.578-5.636," kata Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dia menerangkan, IHSG melemah pada perdagangan kemarin disebabkan penurunan sektor aneka industri dan pertambangan. Kedua susut lebih dari 1 persen.

"Sektor aneka industri memimpin pelemahan sebesar 2,27 persen disusul sektor pertambangan 1,38 persen," ujar dia.

Menurutnya, data pertumbuhan penjualan kendaraan kurang baik. Alhasil, itu direspon negatif pelaku pasar.

"Turunnya saham PT Astra International Tbk (ASII) menjadi trigger pelemahan setelah pertumbuhan penjualan motor dan mobil di Indonesia melambat di mana penjualan motor minus 18,8 persen dari minus 15,9 persen di periode sebelumnya. Sedangkan penjualan mobil melambat menjadi 5,7 persen, di level 8,8 persen di periode sebelumnya. Investor asing pun tercatat net sell Rp 205,35 miliar," jelas dia.

Dia merekomendasikan saham PT Ace Haedware Tbk (ACES), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT PP Tbk (PTPP).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • IHSG