Sukses

Dikejar Deadline? Ini 3 Trik Menghadapinya

Anda pasti pernah merasakan saat pekerjaan belum selesai namun deadline sudah dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pekerja, pasti Anda tidak asing mendengar kata deadline. Dan pastinya Anda pernah merasakan saat pekerjaan belum selesai namun deadline  dekat.

Bagaimana rasanya? Pasti panik, bingung dan terburu-buru. Tidak sedikit pekerja yang merasa stres ketika dikejar deadline dan otomatis akan membuat situasi menjadi kurang kondusif hingga membuat semakin kacau.

Lalu bagaimana cara untuk menangani masalah tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

Beri kabar dari jauh-jauh hari

Jika Anda yakin bahwa pekerjaan tidak akan bisa selesai pas tanggal jatuhnya deadline, coba beri kabar dari jauh-jauh hari kepada atasan atau klien Anda.

Setelah itu Anda harus menentukan tanggal yang lebih jelas lagi kapan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna dan yakinkan bahwa itu tidak akan diundur lagi.

Prioritaskan

Pastinya Anda tidak ingin kan pekerjaan menumpuk dan dikejar deadline? Untuk menghindari hal itu, coba buatlan skala prioritas. Anda harus bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang akan dikerjaan diutamakan dan yang dikerjakan selanjutnya.

Dengan membuat skala prioritas ini, Anda tidak akan lagi kebingungan dan merasa deadline dan tekanan begitu berat.

Fokus

Dalam mengerjakan tugas yang deadline-nya hampir tiba, hal yang harus dilakukan lainnya yaitu fokus. Anda diharuskan fokus dalam mengerjakan tugas tersebut.

Memang akan menjumpai beberapa hambatan untuk mencoba fokus ke dalam sebuah tugas, misalnya rasa malas atau bosan yang membuat Anda ingin mencari atau melakukan aktifitas lain selain mengerjakan tugas yang tanpa disadari sudah membuang waktu Anda.

Maka dari itu, fokuslah dalam suatu pekerjaan yang diharapkan akan selesai sebelum deadline.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.