Sukses

Kementerian ESDM: Masih Ada 2.500 Desa yang Gelap Gulita

Pasokan listrik akan memberi dampak positif bagi masyarakat. Salah satunya di bidang pendidikan.

Liputan6.com, Bulungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya menyediakan listrik bagi masyarakat, terutama pada wilayah pinggiran. Tercatat masih ada ribuan desa yang gelap gulita hingga saat ini.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, salah satu cara memenuhinya melalui pengembangan infrastruktur EBTKE.

Seperti yang dilakukan di Dusun Siandau, Desa Liagu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Masih ada 2.500 desa yang masih gelap gulita, seluruh Indonesia, Sabang-Merauke, Miangas-Rote. Makanya jalan aja terus hanya untuk memastikan, Pak Jonan (Menteri ESDM) itu maunya yang 70 tahun lebih merdeka itu mbok ya ikut menikmati listrik," kata dia di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Sabtu (6/5/2017).

Rida mengatakan, listrik akan memberi dampak positif  bagi masyarakat. Salah satunya di bidang pendidikan. "Dengan sendirinya pendidikan naik, enggak terasa besok lusa, tapi anak-anak panjang belajar," ungkap dia.

Memang, Rida mengakui anggaran negara untuk pengembangan EBTKE terbatas. Namun, pemerintah tak kehabisan akal. Pemerintah akan membagikan lampu LED secara gratis. Dengan begitu, semua wilayah Indonesia akan terang-benderang.

"Untuk sementara ada beberapa mungkin ratusan, kita membangun seperti ini seluruh Indonesia. Tapi pada saat yang sama untuk tahun ini dan tahun depan, untuk yang belum kebagian kita memberikan paket lampu LED, untuk tiap rumah tapi basisnya tenaga surya, tapi rumahan. Nanti bagi-bagi yang kami maksud rumahan satu-satu gratis," tandas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • Desa