Sukses

Kalimantan Utara Kini Miliki Sejumlah Sumber Energi Terbarukan

Keberadaan pembangunan infrastruktur energi terbarukan ini diharapkan dapat memicu pengembangan perekonomian.

Liputan6.com, Bulungan Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan  beberapa proyek [Energi Baru Terbarukan]( 2936002 "") dan Konservasi Energi (EBTKE) di Kalimantan Utara pada Sabtu ini (6/5/2017).

Proyek ini merupakan program Direktorat Jenderal EBTKE yang sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2016.

Adapun proyek tersebut terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya, dan Retrofit.

Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana dalam sambutannya, di  Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, mengatakan pemerintah ingin memastikan jika proyek energi baru dan terbarukan benar-benar berjalan.

"Pesan Menteri Ignasius Jonan untuk mengecek daerah langsung program beliau dan keinginan beliau untuk melihat apakah energi sudah dirasakan secara merata dan berkeadilan," ujar dia.

Proyek yang diresmikan antara lain, PLTS Dusun Siandau Kabupaten Bulungan sebanyak 1 unit kapasitas 15 kwp dengan nilai aset Rp 2,76 miliar. Kemudian PLTS Desa Liagu Kabupaten Bulungan sebanyak 1 unit kapasitas 30 kwp dengan nilai aset Rp 4,50 miliar.

Adapula, PLTMH Desa Rajuk Semolon Kabupaten Malinau sebanyak 1 unit  berkapasitas 20 kw dengan nilai aset Rp 4,51 miliar. Serta, PLTMH Desa Long Jelet Kabupaten Malinau sebanyak  1 unit kapasitas 39 kw dengan nilai aset Rp 3,64 miliar.

Keberadaan pembangunan infrastruktur energi terbarukan ini diharapkan dapat memicu pengembangan perekonomian. Pemerintah daerah dan masyarakat pun diharapkan dapat mengelola serta menjaga aset-aset tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.