Sukses

Peringati May Day, 150 Ribu Buruh Kumpul di Istana

Para buruh akan bergerak ke Istana Merdeka saat peringatan hari buruh atau May Day.

Liputan6.com, Jakarta Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan merayakan hari buruh pada 1 Mei 2017.

Mereka akan turun ke jalan. Di Jakarta, diperkirakan ada 150 ribu orang buruh yang turun ke jalan memperingati May Day alias hari buruh ini.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan 150 ribu buruh tersebut berasal dari para pekerja di sekitaran Jabodetabek. Mereka akan bergerak ke Istana Kepresidenan.

"Untuk wilayah Jabodetabek, kami akan pusatkan di Istana Negara, titik kumpulnya di Patung Kuda jam 10 pagi," kata Said Iqbal di Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Saat ini, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk bisa mengamankan aksi May Day nantinya. Said berharap berkoordinasi dengan pihak kepolisian, sehingga aksi turun ke jalan ini akan damai dan kondusif.

Said Iqbal menambahkan pihaknya juga berharap aksi nanti bisa diterima oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana. Dengan begitu, aspirasi yang disuarakan buruh bisa langsung diterima.

"Selama ini kami May Day masalahnya tidak pernah diterima di Istana," tegas Said.

Aksi turun ke jalan ini tidak hanya dilakukan di Jakarta, melainkan juga di kota-kota besar seluruh Indonesia. Said Iqbal menuturkan, akan ada aksi di 32 provinsi dan 250 kabupaten.

Di masing-masing daerah, aksi akan dipusatkan di depan kantor gubernur masing-masing. Jika digabung dengan di luar Jakarta, maka total aksi di May Day sebanyak 500 ribu buruh. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.