Sukses

Terpicu Pilpres Prancis, Bursa Asia Menguat Ikuti Wall Street

Pasar menguat saat jajak pendapat menunjukkan Emmanuel Macron mengalahkan kandidat calon Presiden Prancis lain yang anti-euro Marine Le Pen.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa Asia stabil seiring meredanya euforia pasar atas kemenangan Calon Presiden Emmanuel Macron di putaran pertama pemilihan presiden (Pilpres) Prancis, meskipun sentimen investor jangka pendek tetap positif.

Melansir laman Reuters, Selasa (25/4/2017), indeks MSCI Asia-Pasifik di luar Jepang sedikit berubah. Indeks Nikkei Jepang bertambah 0,3 persen. Sementara KOSPI Korea Selatan menguat 0,2 persen. Adapun pasar Australia tutup untuk liburan.

Pasar menguat saat jajak pendapat menunjukkan Emmanuel Macron mengalahkan kandidat calon Presiden Prancis lainnya yang anti-euro Marine Le Pen.

"Ini mengurangi kekhawatiran bahwa kita harus menavigasi pintu keluar Prancis (dari) Uni Eropa," kata Brian Jacobsen, Kepala Analis Strategi Wells Fargo Funds Management di Menomonee Falls, Wisconsin.

Sebelumnya indeks MSCI World melonjak 1,6 persen ke level tertinggi sepanjang masa. Indeks STOXX 50 pan-Eropa melonjak 4 persen. Ini merupakan hari terbaiknya dalam hampir dua tahun. Kemudian FCHI melonjak 4,1 persen, kenaikan satu hari terbesar dalam hampir lima tahun.

Di Wall Street, indeks Nasdaq tercatat naik 1,2 persen ke rekor tertinggi. Sementara Dow dan S&P keduanya naik 1,1 persen.

Adapun Dolar stabil di 109,81 terhadap yen pada awal Selasa, setelah sempat menguat 0,6 persen pada Senin seiring langkah investor menjual aset safe haven.

Musim laporan pendapatan juga telah mengangkat semangat investor, di mana 77 persen dari 100 perusahaan yang melaporkan hasil keuangannya di kuartal pertama ternyata di luar ekspektasi.

Minggu ini ditetapkan menjadi yang paling sibuk dalam setidaknya satu dekade, dengan lebih dari 190 perusahaan dalam indeks S&P 500 melaporkan hasil kuartal pertamanya.

Pekan ini di Asia, investor menunggu serangkaian laporan indikator ekonomi, antara lain data inflasi di Australia dan Jepang untuk kuartal pertama.

Kemudian hasil keputusan tingkat suku bunga Bank of Japan, tingkat pengangguran Jepang di bulan Maret dan produk domestik bruto kuartal pertama untuk Taiwan dan Korea Selatan.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Asia