Sukses

Hadapi Libur Isra Miraj, KAI Operasikan 14 KA Tambahan

Minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda transportasi kereta api ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket di tanggal favorit

Liputan6.com, Jakarta - Mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api (KA) jelang libur panjang (long weekend) yang berbarengan dengan libur Isra Mi'raj yang jatuh pada Senin (24/4), PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 14 KA tambahan.

Kereta api tambahan tersebut terdiri dari 10 kereta api kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir, dan 4 kereta api kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

"KA-KA tersebut akan dioperasikan mulai 20 – 24 April 2017," kata Senior Menejer Humas KAI DAOP 1 Jakarta Suprapto dalam keterangannya, Kamis (20/4/2017).

Ke empat belas kereta api tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain Semarang 1 kereta api, Surabaya 1 kereta api, Cirebon 3 kereta api, Bandung 4 kereta api, dan Solo 5 kereta api.

Minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda transportasi kereta api ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket kereta api di tanggal-tanggal favorit yakni 20–22 April.

Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 13.00, kereta api tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan. PT KAI Daop 1 Jakarta sendiri, tiap harinya mengoperasikan 52 perjalanan kereta api reguler dengan total tempat duduk yang disediakan sebanyak 29.310 kursi.

Sedangkan dari 14 perjalanan kereta api, tempat duduk yang disediakan maksimal bisa mencapai 6.836 kursi. KA keberangkatan dari stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Kamis – Jumat (20 – 21 April) yaitu KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasar Turi dan Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solo Balapan.

Selain itu KA Sembrani tujuan Surabaya Pasar Turi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Argo Sindoro dan KA Argo Muria tujuan Semarang serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Tinggal beberapa kereta api seperti Cirebon Ekspress dan Tegal Bahari  tujuan Cirebon dan Tegal yang masih tersisa.

Sementara untuk KA keberangkatan Stasiun Pasarsenen, untuk KA Keberangkatan hari Kamis – Sabtu (20 – 22 April) hampir semua KA sudah mencapai 100 persen okupansinya kecuali, KA Serayu Pagi, KA Menoreh, dan KA Tegal Ekspress yang masih tersedia tiketnya.

Data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan sistem tiket online, pengguna jasa KA bisa melihat langsung melalui website tiket.kereta-api.co.id atau melalui chanel-chanel eksternal. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.