Sukses

Ketegangan Geopolitik Pengaruhi Harga Emas Dunia

Ketegangan regional telah meningkat selama beberapa minggu terakhir usai Presiden AS Donald Trump mengambil langkah keras dengan Pyongyang.

Liputan6.com, Jakarta Kendati naik, harga emas masih lebih rendah dari posisi tertingginya dalam lima bulan pada hari ini. Kondisi ini terpicu kenaikan imbal hasil obligasi AS dan dolar, seiring meningkatnya ketegangan geopolitik di Korea Utara.

Melansir laman Reuters, Selasa (18/4/2017), harga emas di pasar spot naik 0,05 persen menjadi US$ 1.285,86 per ounce, setelah sempat mencapai posisi tertinggi di US$ 1.295,42 sejak awal November.

Adapun harga paling aktif emas berjangka AS untuk pengiriman Juni
ditutup naik 0,3 persen ke posisi US$ 1.291,90 per ounce.

Logam kuning mengupas kerugiannya sebagian besar dipicu dolar
dan kenaikan imbal hasil obligasi 10 tahunan AS setelah jatuh ke level terendah sejak November. Di sisi lain, saham AS naik setelah tiga hari berturut-turut mencetak penurunan.

Phillip Streible, Broker Komoditas Senior RJO Futures di Chicago, mengatakan harga emas juga terdampak aksi profit taking. "The Fed masih akan menaikkan suku. Ini bisa mempengaruhi emas," kata Streible.

Korea Utara yang kembali melakukan uji coba peluncuran rudal ternyata menuai kegagalan pada hari Minggu. Ini kembali meningkatkan risiko geopolitik dunia.

Ketegangan regional telah meningkat selama beberapa minggu terakhir usai Presiden AS Donald Trump mengambil langkah keras dengan Pyongyang.

"Harga emas kemungkinan akan mempertahankan kekuatannya terkait Pemilu Prancis dalam sepekan ke depan. Sementara ketegangan di Korea Utara yang sedang berlangsung juga tetap membuat pasar gugup," kata Analis INTL FCStone Edward Meir.

Sementara harga logam lain, seperti perak berbalik turun 0,4 persen menjadi US$ 18,445 per ounce setelah menyentuh posisi tertinggi dalam lima bulan di US$ 18,649.

Harga platinum naik 1,5 persen ke level US$ 986,10 per ounce setelah
reli di atas harga rata-rata 200 hari US$ 990,10. Harga paladium juga susut 0,7 persen menjadi US$ 789,40.

X

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas