Sukses

Sidak KA Jayabaya, Menhub Banjir Keluhan Susah Dapat Tiket Kereta

Saat sidak, Menhub Budi Karya menyapa penumpang kereta api dan berbincang-bincang.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengawali sidak atau peninjauan kesiapan sarana dan prasarana angkutan Lebaran ke Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat siang (14/4/2017). Dalam kunjungannya, Menhub dibanjiri keluhan dari para penumpang KA Jayabaya rute Stasiun Pasar Senen-Malang.

Dari pantauan Liputan6.com, Menhub Budi Karya tiba di Stasiun Pasar Senen pada pukul 12.30 WIB. Kemudian langkah kakinya bergegas menaiki KA Jayabaya yang sedang terparkir di jalur kereta untuk menunggu penumpang dengan keberangkatan tujuan akhir Malang.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura itu langsung menyapa beberapa penumpang di dalam KA Jayabaya. Dari penumpang yang ditanyai, Budi Karya paling banyak dicecar dengan keluhan sulitnya mendapatkan tiket kereta api.

"Susah Pak dapatin tiketnya, harus pesan jauh-jauh hari," kata salah satu penumpang, Yanto yang pergi bersama keluarga ke Surabaya.

Bukan hanya Yanto yang mengeluhkan hal tersebut. Permasalahan yang sama juga dialami penumpang lainnya. "‎Saya pesan dua minggu sebelumnya pak, susah susah gampang karena belinya online bukan via calo," terang penumpang itu.

Setelah sidak, Menhub Budi Karya mengenakan topi kereta api dan membawa tanda hijau secara resmi memberangkatkan KA Jayabaya menuju daerah tujuan penumpang.

"Kereta api adalah satu angkutan favorit. Saya mau melihat bagaimana pelayanan PT KAI terhadap pelanggannya. Saya tanya tentang pembelian tiket, rata-rata beli online, rata-rata puas, tapi ada yang bilang antrenya susah, lama, kadang tidak dapat," jelas Menhub.

Budi Karya mengapresiasi kinerja petugas KAI dalam menjalankan pekerjaannya sebab, fasilitas kereta api dinilai baik oleh penumpang.

"Saya apresiasi KAI dalam menjalankan tugasnya, tapi kita harus lihat ini sebagai bentuk evaluasi karena volume penumpang di minggu ini apalagi libur panjang penuh sekali," paparnya.

Dirinya tetap meminta kepada PT KAI untuk meningkatkan layanan, termasuk saat Lebaran. Begitupula dengan tambahan kereta api harus disiapkan supaya dalam pelaksanaannya tidak ada masalah apapun.

"Saya minta ke KAI tingkatkan pelayanan. Saat Lebaran harus ada tambahan kereta supaya jangan ada masalah. Saya akan ramp check (pemeriksaan rutin) supaya saat Lebaran dan peak season tidak terjadi kecelakaan," harap Budi Karya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.