Sukses

Mau Jadi Pebisnis Ulung? Ini 10 Sekolah Bisnis Terbaik di Dunia

Penilaian QS World University Rankings mengungkap 10 kampus terbaik untuk pelajaran bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Satu modal dasar yang harus dimiliki bagi mereka yang ingin sukses dalam hidup adalah memiliki pendidikan yang layak. Hal ini juga harus sama adanya dengan orang-orang yang ingin menjadi seorang pebisnis sukses.

Pendidikan yang mumpuni bisa memberikan kontribusi besar bagi kesuksesan diri mereka saat sedang berwirausaha. Penilaian QS World University Rankings mengungkap 10 kampus terbaik untuk pelajaran bisnis.

Penilaian tersebut didasarkan pada beberapa faktor seperti kesempatan berkarir, pengembangan diri hingga peningkatan pendapatan yang didapat oleh alumninya. Mayoritas kampus di Amerika Serikat dan Inggris mampu menempati peringkat atas.

Berikut daftarnya melansir topuniversities.com, Jumat (7/4/2017)

10. University of California, Berkeley (UCB)
Negara: Amerika Serikat

Kampus ini menerima mahasiswa dari latar belakang yang berbeda-beda. Tahun lalu 37 persen mahasiswa disini merupakan mahasiswa internasional. Selain itu, 36 persen dari mereka pun berasal dari golongan minoritas.

9. London School of Economics and Political Science (LSE)
Negara: Inggris

LSE adalah universitas spesialis dengan asupan internasional dan jangkauan global. Penelitian dan pengajaran didasarkan pada ilmu-ilmu sosial, dari ekonomi, politik dan hukum untuk sosiologi, antropologi, akuntansi dan keuangan.

Didirikan pada 1895, Sekolah memiliki reputasi yang luar biasa untuk keunggulan akademik. 16 pemenang hadiah Nobel merupakan pengajar dan alumni dari LSE.

8. University of Cambridge
Negara: Inggris

Sekolah bisnis ini masuk ke dalam jajaran sekolah bisnis terbaik karena setiap mahasiswa yang diterima rata-rata memiliki pengalaman kerja selama tujuh tahun.

Dari nilai 100, perusahaan-perusahaan internasional memberi skor 92,8. Rata-rata gaji para lulusannya dalam tiga bulan setelah lulus adalah US$ 94.000. Ada sekitar 26 persen mahasiswa perempuan dan 94 persen mahasiswa internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Oxford University

7. Oxford University
Negara: Inggris

Oxford melampaui Cambridge dalam hal sekolah bisnis karena para lulusannya yang terkenal di dunia. Pasalnya, banyak lulusannya yang langsung memperoleh gaji enam digit dalam tiga bulan pertamanya setelah lulus.

Rata-rata, para mahasiswa barunya memiliki pengalaman kerja selama enam tahun.

6. Stanford University
Negara: Amerika Serikat

Sekolah bisnis di Standford University ini merupakan salah satu kampus yang paling susah dimasuki. Hanya 6,5 persen pelamar yang mampu diterima menjadi mahasiswa di universitas ternama ini.

 

3 dari 4 halaman

University of Pennsylvania

5. University of Pennsylvania
Negara: Amerika Serikat

Sekolah bisnis dalam naungan University of Pennsylvania ini memiliki mata kuliah unggulan Pemasaran, Ekonomi Mikro, Manajemen Operasional, Etika, dan Metode Kuantitatif ini telah berdiri sejak 1881. Anggota Ivy League yang berbasis di Philadelphia, Pennsylvania, AS, ini mematok biaya kuliah US$37.526 per tahun.

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
Negara: Amerika Serikat

Oxford melampaui Cambridge dalam hal sekolah bisnis karena para lulusannya yang terkenal di dunia. Pasalnya, banyak lulusannya yang langsung memperoleh gaji enam digit dalam tiga bulan pertamanya setelah lulus.

Rata-rata, para mahasiswa barunya memiliki pengalaman kerja selama enam tahun.

3. INSEAD
Negara: Prancis

INSEAD adalah sekolah bisnis terbaik menurut survei ini. INSEAD menjadi yang terbaik karena tak hanya meraih penilaian sempurna dari perusahaan-perusahaan internasional, para mahasiswanya memiliki rata-rata nilai GMAT yang tertinggi, yaitu 702.

 

4 dari 4 halaman

London Business School

2. London Business School
Negara: Inggris

Sebagai sekolah bisnis terbaik di Inggris, London Business School mencetak nilai sempurna di dalam survei QS. Para lulusannya memiliki rata-rata gaji sebesar 113.000 dolar AS dalam tiga bulan pertama setelah lulus.

Para mahasiswa barunya rata-rata memiliki pengalaman kerja 5 tahun. Ada 28 persen mahasiswa perempuan dan 89 persen mahasiswa internasional.

1. Harvard University
Negara: Amerika Serikat

Mahasiswa yang bersekolah di sini bisa menikmati lebih dari 80 klub mahasiswa yang tersedia. Harvard Business School telah mampu mencetak berbagai pebisnis handal sebagai alumni seperti Michael Bloomberg, Mitt Romney, hingga presiden George W. Bush.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.