Sukses

KRL Rangkasbitung-Tanah Abang Beroperasi Penuh Mulai 1 April 2017

KCJ telah melakukan persiapan dan uji coba pengoperasian KRL sampai rute Stasiun Rangkasbitung.

Liputan6.com, Jakarta PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mengoperasikan secara penuh Kereta Rel Listrik (KRL) hingga Stasiun Rangkasbitung mulai 1 April 2017. Tercatat 16 perjalanan pulang pergi akan melayani pengguna kereta rute Rangkasbitung-Tanah Abang.

Direktur Utama PT KCJ, MN Fadhila mengungkapkan, perusahaan telah melakukan persiapan dan uji coba pengoperasian KRL sampai rute Stasiun Rangkasbitung.

Pengoperasian KRL Stasiun Rangkasbitung-Tanah Abang per 1 April 2017 adalah upaya perusahaan guna memperluas jangkauan KRL Jabodetabek seiring target mencapai 1,2 juta penumpang pada 2019.



"Mulai 1 April 2017, perjalanan KRL akan sampai ke Rangkasbitung dari yang sekarang sampai ke Stasiun Maja. Jadi menambah dua stasiun, yakni Citeras dan Rangkasbitung," kata dia dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Lebih jauh dia menjelaskan, KCJ telah menyiapkan infrastruktur e-ticketing dan kelengkapan pelayanan di Stasiun Rangkasbitung dan Citeras.

Pemeriksaan dan uji coba kesiapan sarana maupun prasarana perkeretaapian juga sudah dilakukan bersama PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta serta Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

"Jadi malam tanggal 31 Maret, kami akan siapkan rangkaian kereta di Parung Panjang karena di sana nanti depo untuk Stasiun Rangkasbitung-Tanah Abang dari depo Depok. Kami juga sudah siapkan fasilitas kru perawatan maupun masinis," Fadhila menerangkan.

Fadhila menambahkan, penumpang tujuan Stasiun Rangkasbitung maupun Angke sampai saat ini dilayani lima rangkaian kereta lokal tujuan Rangkasbitung-Angke (PP), seperti kereta lokal Rangkasjaya.

"Tapi per 1 April, seluruh rangkaian kereta lokal itu akan digantikan dengan KRL dan mengakhiri perjalanan hanya sampai Stasiun Tanah Abang," jelasnya.

Penumpang, ia melanjutkan, dapat menuju Stasiun Angke dengan transit di Stasiun Tanah Abang untuk pindah KRL. "Jadi nanti kalau ke Angke, bisa transit ke Tanah Abang naik loopline (KRL Lingkar Jakarta)," kata Fadhila.

Dengan operasi KRL relasi Rangkasbitung-Tanah Abang, Stasiun Angke kembali dioperasikan untuk pelayanan penumpang KRL mulai 1 April ini.

Fadhila mengungkapkan, jam operasional KRL Rangkasbitung-Tanah Abang keberangkatan pertama pukul 04.00 WIB dan berakhir pukul 20.40 WIB. Sementara rute kebalikannya Tanah Abang-Rangkasbitung pukul 05.50-21.45 WIB.

"Kami siapkan 16 rangkaian KRL untuk melayani penumpang tujuan Rangkasbitung-Tanah Abang. KRL ini akan beroperasi semuanya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini