Sukses

7 Cara Pengusaha yang Dapat Jadi Contoh untuk Raih Sukses

Menjalani usaha dapat memberikan keterampilan yang akan meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, menjadi pengusaha dan menjalani bisnis merupakan bagian dari hidup. Menjadi pengusaha yaitu dengan menciptakan sesuau baru dan memimpin sebuah tim menjadi salah satu tujuan dirinya. Namun, bagi orang lain menjadi alat untuk mencapai tujuan dan mungkin dianggap sebagai jalan untuk mendapatkan hal lebih besar dan baik.

Bila Anda berjuang untuk menjadi pengusaha, khawatir terhadap risiko menjalani bisnis dan mengakui kalau itu bukan tujuan akhir Anda, pikirkan baik-baik tentang pilihan Anda.

Menjadi pengusaha bukan hanya membuat banyak uang dan memimpin perusahaan, namun pengalaman menjalani usaha dapat membuat Anda menjadi lebih baik.

Berikut sejumlah cara bagaimana menjalani usaha juga membuat seseorang lebih baik, seperti dikutip dari laman Enterpreneur, Senin (27/3/2017):

1. Berpikir kritis

Menjadi pengusaha dituntut untuk berpikir kritis. Mereka diharapkan mampu melihat dan mengimbangi dengan bias Anda sendiri. Selain itu menganalisa akar dari berbagai masalah dan menemukan alternatif berbagai perspektif untuk bidang tertentu.

Ini agar membantu mengatasi masalah. Tak hanya itu juga dibutuhkan rencana cerdas untuk mengembangkan usahanya. Di dunia profesional, berpikir kritis juga penting. Ini membuat sesuatu untuk menjadi lebih efisien dan melihat hasil lebih baik.

2. Kreatif

Membuka usaha dan bisnis juga memaksa Anda untuk menjadi kreatif. Meski Anda tidak bisa berkreativitas, Anda dapat terus melatihnya. Dengan menghabiskan waktu untuk melatih kreativitas menjadi lebih baik dan cepat, ini dapat membantu mengaplikasikan dalam lingkungan Anda.

Selain itu, bila Anda memiliki hobi melukis dan fotografi bahkan dapat menolong Anda di dunia profesional seperti menjalani kampanye pemasaran.

3. Kesulitan

Saat menjalani usaha mungkin pernah hadapi masa sulit. Strategi yang brilian dan sempurna tidak bekerja. Pengusaha mungkin mencapai titik saat keuangan semakin menipis, dan mempertimbangkan untuk menutup toko.

Meski pun seorang pengusaha hadapi kesulitan dan kegagalan ini akan menguji kesabaran. Selain itu mengajarkan pengusaha pelajaran berharga soal tantangan dan kesulitan. Ini juga dapat menjadi pelajarab bagi Anda. Anda akan belajar kalau kegagalan hanya bersifat sementara. Anda akan tumbuh lebih percaya diri, dan berhenti khawatir terhadap masalah kecil yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manajemen

4. Kemerdekaan

Sebagai pendiri sebuah usaha, seorang pengusaha akan bertanggung jawab atas semua keputusan. Pada awalnya ini menarik dan menakutkan tetapi pengusaha menjadi lebih menerima perannya.  Dengan peran itu maka akan mulai menerima tingkat kemandirian dan dasar atas keberadaan Anda. Setelah mendapatkan sejumlah pengalaman, dpaat menjadikan Anda akan lebih tegas dan percaya diri, dan kurang bergantung pada orang lain. 

5. Manajemen

Tidak butuh waktu lama untuk menyadari betapa banyak tuntutan usaha. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dan merealisasikan ide-ide Anda, dan mengelola tim.

Dalam beberapa hal, menjalani usaha juga dilihat sebagai tindakan untuk menghadapi semuanya. Kadang Anda dituntut untuk bekerja dengan sumber daya terbatas yaitu waktu, uang, dan lainnya. Oleh karena itu membutuhkan manajemen baik.

Saat menjalani usaha ini juga membutuhkan dasar-dasar manajemen. Hal ini agar dapat membuat keputusan dan rencana yang baik. Oleh karena itu dengan menguasai manajemen juga membantu di dalam bidang profesional.

6. Personal branding

Menghabiskan waktu untuk menjalani usaha dan bisnis, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan personal brand. Anda akan menarik lebih banyak pengikut di akun sosial Anda, dan memiliki kesempatan untuk mempublikasikan konten di bawah nama Anda. Semua ini dapat digunakan untuk membangun resume Anda di masa depan. Selain itu membuktikan suatu keahlian.

7. Jaringan

Menjalani bisnis dan usaha juga memberikan alasan baik untuk menemukan dan mempertahankan koneksi atau jaringan. Anda memiliki akses lebih besar kepada pengusaha, mentor, karyawan, dan guru, serta lainnya.

Tak peduli apa tujuan dalam hidup Anda, apakah ingin menjadi pengusaha, chef, pekerja seni, kewirausahaan dapat memberikan keterampilan yang meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Jadi siap untuk menerapkannya? (Dian Ayu)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini