Sukses

Wika Ingin Dana Pembangunan Kereta Cepat Segera Cair

Total pinjaman yang akan diberikan China Development Bank (CDB) kepada PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) sebesar Rp 53 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk tengah mengusahakan pencairan pinjaman dari China Development Bank (CDB) untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung lebih cepat.

Pencairan ini diharapkan bisa menjadi tambahan investasi dalam percepatan pembangunan proyek tersebut. Nantinya PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) sebagai perusahaan yang menerima dana.

"Mengenai Kereta Cepat Jakarta Bandung, kita sedang negosiasi pencairan dengan CDB, karena mereka minta pencairan itu kalau lahan sudah selesai dibebaskan 100 persen, sementara kita sudah selesaikan 85 persen,‎" kata Direktur Keuangan Wika, A.N.S Kosasih ‎di kantornya, Jumat (17/3/2017).

Dari hasil negosiasi, diharapkan, dari total pinjaman yang akan diberikan CDB sebesar Rp 53 triliun, bisa ada pencairan di tahun ini setidaknya 30 persen.

Saat ini, proyek kereta cepat tersebut tengah mengalami kendala pembebasan lahan di beberapa titik. Titik paling banyak yang belum dibebaskan, dikatakan Kosasih di wilayah Karawang. "Di sana itu karena banyak kawasan industri," tegas dia.

Untuk lahan di Halim, Kosasih mengaku sudah ada kesepakatan dengan pihak TNI-AU mengenai rencana penggunaan lahan. Di Halim, nantinya akan digunakan sebagai depo dan kawasan komersial yang berbasis transportasi modern.

Disebut sebagai transportasi modern, dikarenakan di Cawang nantinya akan ada superblok yang di situ juga sebagai tempat interkoneksi beberapa moda transportasi, mulai dari kereta cepat, Light Rail Transit (LRT), dan Trans Jakarta.

"Itu akan jadi lokasi hub baru di Jakarta. Yang dari luar kota bisa enak, yang mau ke Bandara Internasional Halim Perdanakusuma juga bisa lebih cepat," tutupnya. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini